home ekbis

Kolaborasi Indosat Group & Accenture Percepat Kedaulatan AI Cloud di Indonesia

Rabu, 18 September 2024 - 23:48 WIB
Indosat Group melalui anak usahanya Lintasarta telah menjalin kemitraan strategis dengan Accenture untuk mempercepat pengembangan platform cloud AI berdaulat. Foto/Dok Indosat
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin kemitraan strategis dengan Accenture (NYSE: ACN) untuk mempercepat pengembangan platform cloud AI berdaulat.

Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong transformasi digital berbasis AI di Indonesia dengan memanfaatkan platform Accenture AI Refinery™. Ini akan membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membangun solusi AI mutakhir yang disesuaikan untuk berbagai sektor industri, sambil memastikan tata kelola data yang berdaulat.

Kolaborasi ini akan fokus pada solusi AI untuk sektor jasa keuangan, salah satu pilar utama perekonomian Indonesia. Dengan menggunakan platform AI Refinery, Accenture akan menyediakan solusi siap pakai yang dapat mengurangi waktu dalam menghasilkan nilai, dengan arsitektur modular yang memenuhi kebutuhan klien di berbagai tahap perjalanan AI.

Solusi ini memungkinkan bank-bank di Indonesia memanfaatkan AI untuk meningkatkan profitabilitas, efisiensi operasional, dan pertumbuhan berkelanjutan dalam pasar yang kompetitif.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menegaskan pihaknya berkomitmen penuh untuk mendukung visi Indonesia menjadi negara yang berdaya digital pada 2045.

"Kami melihat AI sebagai kunci penggerak ketahanan ekonomi dan pemberdayaan teknologi di Indonesia. Kolaborasi dengan Accenture dan Lintasarta membawa kami lebih dekat menuju pencapaian tujuan tersebut, dengan menggabungkan keahlian global dan wawasan pasar lokal," kata dia.

Senior Managing Director and Global Data & AI Lead Accenture, Senthil Ramani, menambahkan dengan Accenture AI Refinery, pihaknya mendukung upaya Indosat dan Lintasarta untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia membuka nilai dari AI.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya