home ekbis

Ciptakan SDM Maritim Unggul, SPJM Gelar Workshop Transformasi Awak Kapal

Rabu, 03 Mei 2023 - 12:03 WIB
Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) menyelenggarakan Workshop Transformasi Awak Kapal untuk menjaga keandalan kapasitas SDM. Foto/Dok SPJM
Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) menggelar Workshop Transformasi Awak Kapal untuk menjaga keandalan kapasitas SDM.

Belajar tidak pernah mengenal usia dan masa. Melalui pembelajaran, apapun bentuk kegiatannya, manusia dapat terus mengasah diri sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya serta memiliki kemampuan yang lebih mumpuni.

Baca Juga:SPJM Tingkatkan Layanan Kapal, Sediakan Mudik Gratis dan Berbagi Paket Ramadan

Demikian pula dengan SPJM selaku anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), yang salah satu fokus bisnisnya adalah layanan jasa kapal. Melalui serangkaian Transformasi Awal Kapal yang ditujukan untuk para awak kapal, perseroan secara berkesinambungan menjaga kapasitas SDM agar benar-benar handal dalam memberikan layanan kepada seluruh pemakai jasa.

"Ada beberapa seri workshop yang kami siapkan untuk setiap regional. Sebagai seri awal, ini digelar selama tiga hari di Surabaya, dari 2 hingga 4 Mei 2023," kata Senior Vice President Sekretaris Perusahaan, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, dalam keterangan pers yang diterima SINDO Makassar, Rabu (3/5/2023).

Sasaran utama adalah para awak kapal di SPJM seperti nakhoda, Kepala Kamar Mesin (KKM), Mualim I dan II, Masinis serta petugas Technical Superintendent. Dalam workshop ini, mereka akan diperkaya dengan materi-materi mulai dari materi dasar seperti Basic Vessel atau Tug’s Operation, Basic Ship Maintenance dan Troubleshooting, serta Safety Practice.

Dalam workshop ini juga terdapat materi Sustainability Improvement Through AKHLAK Framework, dan Basic HSSE Marine yang merupakan penguatan bisnis dalam mengimplementasikan K3L atau keselamatan, Kesehatan kerja dan lingkungan. Mengingat awak kapal adalah sumber daya manusia dengan tingkat risiko tempat kerja yang tinggi sehingga prioritas pada keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan kerja adalah hal mutlak yang harus diperhatikan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya