home ekbis

SPMT Resmi Operasikan 8 Terminal Baru, Termasuk Garongkong dan Parepare

Rabu, 02 Agustus 2023 - 08:57 WIB
SPMT secara resmi mengoperasikan delapan terminal baru, termasuk dua di Sulsel yakni Garongkong dan Parepare. Foto/Dok Pelindo
Subholding BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) terus memperluas jangkauan layanan dalam pengelolaan segmen terminal non-petikemas di Indonesia. Terbaru, SPMT secara resmi mengelola delapan terminal baru.

Secara resmi prosesi serah terima delapan terminal baru dari Pelindo dilakukan pada Selasa (1/8/2023) lalu di Terminal Gili Mas, Lombok. Adapun delapan terminal itu yakni Malahayati dan Lhokseumawe di Aceh, Tanjung Emas di Jawa Tengah, Gresik di Jawa Timur, Lembar dan Badas di Nusa Tenggara Barat, serta Parepare dan Garongkong di Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal, Yon Irawan, dalam sambutannya mengungkapkan, bergabungnya 8 terminal ini akan semakin memperkuat SPMT dalam mencapai target kinerja pada 2023, dengan potensi besar yang dimiliki enam branch pelabuhan ini.

Baca Juga:Arus Barang Pelindo Regional 4 Melonjak, Ditopang Ekspor Impor Sulsel

"Yang paling kita sering dengar tentang pelabuhan adalah biaya logistik yang masih bisa dioptimalkan lagi dengan mengurangi logistical cost dan nantinya akan menjadi lebih efisien, termasuk termasuk dalam aspek keselamatan. Tantangannya adalah bagaimana caranya meningkatkan produktivitas serta mengutamakan standar keselamatan kerja,” ungkap Yon Irawan.

Oleh karena itu, PT Pelindo Multi Terminal mengajak seluruh stakeholders kepelabuhanan untuk bersinergi menghadirkan pelayanan yang lebih baik. "Kami berharap melalui pengelolaan terminal-terminal ini oleh SPMT, kami akan melakukan yang terbaik dan terus menggenjot transformasi pelabuhan, dan untuk itu, kami sangat mengharapkan masukan dari segala aspek," jelasnya.

Direktur Pengelola PT Pelindo, Putut Sri Muljanto, menuturkan serah terima operasi ini sebagai tanda untuk meneruskan langkah yang lebih baik, dan juga ke depannya akan ada penyerahan terminal lainnya yang akan dilakukan secara bertahap.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya