home ekbis

Dinas Pendidikan Gowa Luncurkan Inovasi Rumahku Sekolahku

Selasa, 29 Agustus 2023 - 15:52 WIB
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gowa melaunching inovasi Rukoku (Rumahku Sekolahku) di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Senin (28/8). Foto/Herni Amir
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gowa melaunching inovasi Rukoku (Rumahku Sekolahku) di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Senin (28/8).

Inovasi Rukoku merupakan perubahan paradigma belajar di rumah yang dikemas dalam bentuk komunitas orangtua peduli dan website interaktif antara guru dan orangtua siswa mulai dari tingkatan TK, SD hingga SMP.

Baca Juga:Disdik Gowa Gandeng PKK Sosialisasi Larangan Tes Calistung Masuk SD

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dinas, Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa yang juga Inovator Program Rukoku, Ulfa Tenri Batari mengatakan, komunitas ini berkolaborasi dengan pihak sekolah yang menjadi mediator kepada orangtua dan pihak sekolah bagaimana cara mendidik anak sesuai tingkatan usia.

"Kami ada layanan interaktif dimana layanan ini menjadi ruang interaksi antara orangtua dan guru tentang perkembangan belajar anak-anaknya setiap hari," katanya.

Ulfa menjelaskan, keterlibatan orang tua memang sangat penting dalam mendidik anak. Menurutnya hal ini telah tertuang dalam tri pusat pendidikan yaitu tiga unsur yang terlibat orang tua di rumah, guru di sekolah dan masyarakat.

"Intinya Rukoku ini bagaimana kita dari dinas pendidikan melibatkan orang tua karena tugas pendidikan bukan tugas kami semata tapi orang tua juga bagian dari kami. Jadi kita sama-sama bergerak bagaimana mewujudkan dan melakukan pemulihan pembelajaran apalagi efek pandemi masih ada dan melakukan percepatan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Gowa," jelasnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya