home ekbis

Di Hadapan Milenial & Gen-Z, CEO PT Vale Paparkan Peran Nikel Indonesia untuk Dunia

Senin, 27 November 2023 - 14:57 WIB
CEO PT Vale Febriany Eddy menjadi pembicara pada event IDN Millennial & Gen-Z Summit bertajuk Symphony of Sustainability: Empowering Transformation with ESG Strategies di Jakarta. Foto/Dok PT Vale
CEO PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Febriany Eddy menjadi pembicara pada event IDN Millennial & Gen-Z Summit bertajuk 'Symphony of Sustainability: Empowering Transformation with ESG Strategies' di Jakarta, Jumat (24/11) pekan lalu.

Panel ini dipandu oleh Pemimpin Redaksi IDN Media Uni Lubis, serta diisi oleh panelis lainnya yakni CEO Rimba Makmur Utama Dharsono Hartono. Acara tahunan yang digelar IDN Media ini dihadiri sekitar 400 orang, yang sebagian besar berasal dari demografi milenial dan Gen-Z.

Febriany memperkenalkan PT Vale sebagai perusahaan pertambangan nikel yang eksis sejak 1968 di Sorowako, Luwu Timur, dan sejak hadir pertama kali telah melaksanakan hilirisasi mineral. “Sejak awal kami beroperasi, kami telah memiliki smelter,” ungkap dia.

CEO perempuan pertama di pertambangan Indonesia ini menjelaskan, PT Vale dan nikel dari Indonesia memiliki peranan yang strategis untuk gerakan dekarbonisasi secara global.

“Di semua forum di dunia itu dibahas prioritas transisi energi. Transisi energi ke energi bersih ini akan butuh banyak sekali mineral. Jadi, PLTA, solar panel, mobil listrik (baterai), itu butuh banyak sekali mineral, salah satunya nikel. Di PT Vale, kita adalah bagian dari solusi iklim global. Maka, penambangan, peleburan, dan seluruh prosesnya harus ramah lingkungan,” papar Febriany.

Febriany menyampaikan, banyak anggapan pesimis apakah perusahaan pertambangan bisa ramah lingkungan dan menjalankan operasional secara berkelanjutan. Ia pun menjelaskan beberapa langkah yang mencerminkan keberlanjutan.

Pertama, perencanaan penambangan dan deforestasi secara terintegrasi, sehingga penambangan berdampingan dengan rehabilitasi lahan. Kedua, penanaman pohon di luar area konsesi yang saat ini sudah mencapai 250% dari lahan yang dibuka PT Vale selama 55 tahun. Ketiga, memastikan sumber energi dari pembangkit listrik berkelanjutan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya