home lifestyle

Fungsi Penting Ban Mobil Hybrid Toyota yang Wajib Diperhatikan

Selasa, 23 Juli 2024 - 18:22 WIB
Mobil hybrid Toyota, seperti Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, memerlukan ban dalam kondisi prima untuk memastikan tenaga dari mesin bensin dan motor listrik dapat disalurkan dengan baik. Foto/IST
Mobil hybrid Toyota, seperti Toyota Yaris Cross Hybrid dan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, memerlukan ban dalam kondisi prima untuk memastikan tenaga dari mesin bensin dan motor listrik dapat disalurkan dengan baik. Selain itu, ada beberapa fungsi ban yang tidak kalah penting dan sering terlupakan. Mengabaikan kondisi ban dapat menyebabkan risiko kecelakaan yang serius.

Dilansir dari laman resmi Kalla Toyota, disebutkan bahwa salah satu masalah ban yang sering diabaikan adalah tekanan udara yang kurang atau ban yang kempis.

Banyak orang menganggap hal ini tidak penting, padahal kondisi ban yang buruk dapat memicu berbagai masalah. Oleh karena itu, penting untuk memahami fungsi ban agar dapat menjaga kondisinya tetap optimal.

1. Menopang Beban Mobil

Ban berfungsi seperti telapak kaki manusia, yaitu menopang seluruh beban mobil serta isinya. Ada batas beban maksimal yang dapat diangkut oleh mobil untuk menghindari kelebihan beban yang dapat menyebabkan kerusakan pada ban, seperti pecahnya ban.

2. Meredam Benturan dengan Jalan

Ban berperan penting dalam meredam benturan sebelum bantuan dari suspensi mobil. Dinding ban dirancang untuk menyerap benturan dengan tingkat kekenyalan tertentu. Untuk menjaga fungsi ini, pastikan tekanan udara ban sesuai dengan rekomendasi Toyota.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya