home makassar city

CIQ Rakor Jelang Kedatangan Cruise Ship MV Star Breeze di Makassar

Senin, 20 November 2023 - 18:27 WIB
Rakor persiapan kedatangan Cruise Ship MV Star Breeze di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (20/11/2023). Foto: Istimewa
Kapal Pesiar Star Breeze yang melakukan perjalanan wisata antara Eropa dan Afrika akan berlabuh di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar pekan ini. Berbagai persiapan telah dilakukan atas rencana kedatangan kapal pesiar milik Windstar Cruises ini.

Salah satu hal yang dilakukan adalah rapat koordinasi (rakor) antar instansi yang dilaksanakan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar dengan mengundang CIQ (Custom, Immigration, and Quarantine) dan beberapa instansi lainnya.

Rapat Koordinasi Kedatangan Cruise Ship MV Star Breeze dilaksanakan di Ruang Rapat Bonerate Kantor KSOP Utama Makassar, Senin (20/11/2023). Rapat koordinasi Dipimpil Kepala KSOP Utama Makassar Saharuddin dan dilanjutkan dengan pemaparan persiapan masing-masing instansi.

Kantor Imigrasi Makassar sebagai salah satu Instansi yang tergabung dalam CIQ menyampaikan bahwa telah menurunkan tim yang akan melakukan Clearance di Cruise Ship MV. Star Breeze.

Clearance kapal tersebut dilaksanakan saat kapal meninggalkan negara Malaysia menuju Indonesia tepatnya di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

"Kepala Kantor Imigrasi Makassar telah menurunkan tim yang akan melakukan Clearance penumpang di kapal pesiar, hal ini dilakukan agar pemeriksaan penumpang dapat dilaksanakan lebih cepat dan lebih efisien," ujar Samsul Kepala Seksi Lalulintas Keimigrasian.

Clearance penumpang dilakukan dengan menggunakan mobil unit yang akan disinkronkan dengan sistem perlintasan masuk ke Indonesia.
(man)
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya