home news

Kominfo Sukses Gelar Festival KIM 2024, Ini Daftar Pemenang di 4 Kategori

Senin, 12 Agustus 2024 - 13:21 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI sukses menyelenggarakan Festival KIM di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada 9-11 Agustus 2024. Foto/Istimewa
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI sukses menyelenggarakan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada 9-11 Agustus 2024. Pada kesempatan ini, Kominfo mengumumkan pemenang pada kategori yang dilombakan.

Festival KIM kali ini memperkenalkan eksistensi KIM seluruh provinsi di Indonesia. Adapun rangkaian kegiatan Festival KIM 2024 yaitu pameran KIM, penilaian kompetisi KIM, dan malam Anugerah kompetisi KIM.

Ajang Festival KIM 2024 diikuti oleh 11 KIM dari 9 provinsi Indonesia. Festival KIM merupakan salah satu bentuk pembinaan dan pemberdayaan KIM. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, kinerja, inovasi, dan kreatifitas serta memperkuat kemandirian KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kasong, mengatakan Festival KIM digelar sebagai ajang penghargaan bagi KIM yang berprestasi serta memberikan ruang pameran bagi KIM terbaik dari setiap provinsi di Indonesia.

“Harapannya Festival KIM tidak hanya dapat menjadi ajang berkompetisi, namun juga menjadi arena bagi KIM untuk merayakan eksistensinya dan berjejaring, saling bertukar pikiran dan berbagi success story sehingga dapat terbangun kekompakan antar seluruh KIM di Indonesia. Selain itu, acara seperti ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan KIM kepada masyarakat luas, bahwa KIM merupakan unsur yang berasal dari, oleh dan untuk Masyarakat,” ujar Usman.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, menyambut baik dan sangat berbahagia dengan hadirnya kegiatan Festival KIM di Makassar. "Harapannya sebagai kota ke-2 hadirnya KIM Fest 2024 dapat memajukan semangat KIM dalam menyebarluaskan informasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat," ungkap Danny.

Festival KIM 2024 diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia yang turut berpartisipasi mengikuti lomba KIM terbaik. Rangkaian kegiatan mulai dari kegiatan naik kapal phinisi, pembukaan, pameran-pameran yang dilanjutkan dengan Malam Apresiasi Kompetisi KIM 2024 sebagai puncak acara Festival KIM 2024.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya