home news

Rayakan HUT ke-79 RI, Telkomsel Hadirkan Teknologi 5G Standalone Pertama di Indonesia

Kamis, 15 Agustus 2024 - 18:32 WIB
Telkomsel menghadirkan inovasi terbaru dalam merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia yakni teknologi 5G Standalone. Foto/Dok Telkomsel
Telkomsel menghadirkan inovasi terbaru dalam merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia. Terinsiprasi dengan semangat Indonesia untuk terus maju dan sejalan dengan visi misi perusahaan, Telkomsel menghadirkan teknologi 5G Standalone (5G SA) pertama di Indonesia.

Teknologi terbaru itu mendukung transformasi digital lintas sektor industri yang mencakup 5G Live Broadcast, Fixed Wireless Access dan Smart Glasses untuk meliput rangkaian upacara kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berikutnya, menyediakan konektivitas 5G untuk IKN Smart City Command Center, Wearable Glasses Camera di Rumah Teknologi Nusantara IKN, menghadirkan solusi pelabuhan pintar di Benoa Bali, hingga menyediakan 5G Smart Helmet di Maluku Utara.

Pemanfaatan jaringan 5G mandiri atau 5G Standalone (5G SA) pertama di Indonesia itu dilaksanakan Telkomsel dengan menggandeng sejumlah mitra vendor global terkemuka di bidang teknologi. Di antaranya yakni Ericsson, Huawei dan ZTE untuk mengimplementasikan berbagai ragam use case di IKN, Bali dan Maluku Utara.

5G SA merupakan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang beroperasi secara mandiri tanpa bergantung pada jaringan 4G yang telah tersedia. Hal ini memungkinkan koneksi internet yang jauh lebih cepat, lebih stabil, dan memiliki latensi yang sangat rendah.

Melalui teknologi ini, Telkomsel dapat membagi jaringan 5G menjadi beberapa lapisan yang dioptimalkan untuk berbagai kebutuhan, memungkinkan pengiriman layanan dengan jaminan kualitas tertentu, seperti latensi rendah atau bandwidth tinggi, sesuai kebutuhan spesifik industri.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menyampaikan rasa bangga dapat berkontribusi dalam perjalanan bangsa menuju masa depan yang lebih gemilang.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya