home news

Kickoff Hari HAM ke-76: Menkumham Ajak Pemilih Pemula Wujudkan Pilkada Ramah HAM

Kamis, 26 September 2024 - 10:15 WIB
Menkumham Supratman Andi Agtas saat pidato pada acara Kickoff Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-76 Tahun 2024 dan Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula. Foto/Istimewa
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Supratman Andi Agtas, menekankan pentingnya pelaksanaan Pilkada yang ramah HAM, bebas dari provokasi, hoaks, dan ujaran kebencian. Dalam upaya mencapai tujuan ini, Supratman mengajak generasi muda untuk meningkatkan kesadaran mengenai hak-hak mereka dalam pelaksanaan pilkada mendatang.

“Dengan pengetahuan yang memadai, diharapkan generasi muda dapat menggunakan hak suaranya secara bijak dan bertanggung jawab, serta berkontribusi pada pelaksanaan Pilkada yang menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia,” ujar Supratman dalam pidatonya pada acara Kickoff Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-76 Tahun 2024 dan Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula.

Menkumham juga menjelaskan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan Komunitas Pemuda Pelajar Pecinta HAM (KOPPETA HAM) untuk memberikan edukasi dan informasi terkait hak-hak pemilih pemula serta cara menghindari provokasi dan berita palsu.

“Dengan kolaborasi bersama generasi muda, kami yakin Pilkada mendatang dapat berlangsung lebih aman, damai, dan demokratis,” tambahnya.

Lebih lanjut, Supratman membocorkan tema Hari HAM Sedunia ke-76 tahun 2024, yakni “Harmoni dalam Keberagaman Menuju Indonesia Emas 2045.” Tema ini dinilai relevan, terutama setelah besarnya energi bangsa terkuras dalam pesta demokrasi lima tahunan.

“Melalui tema Hari HAM Sedunia tahun ini, kami ingin menyampaikan pentingnya mempersatukan kembali anak-anak bangsa untuk bersama-sama membangun menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, menyatakan bahwa deklarasi ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian Peringatan Hari HAM Sedunia ke-76. Selain deklarasi, Kementerian Hukum dan HAM juga menyiapkan sejumlah agenda lainnya, seperti Cerdas HAM, Talkshow Harmoni dalam Keberagaman, Seminar Internasional, Lomba Konten Kreator, dan Lomba Video P5HAM.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya