home news

Kolaborasi PLN dan BUMDes Lestarikan Wisata Air Panas Beteleme

Kamis, 26 September 2024 - 15:18 WIB
PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi menetapkan Desa Beteleme, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara, sebagai Desa Berdaya PLN. Foto/Dok PLN
PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi menetapkan Desa Beteleme, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara, sebagai Desa Berdaya PLN. Program ini merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIP Sulawesi.

Tujuan program ini adalah memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar pembangunan infrastruktur kelistrikan. Dalam program ini, PLN bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bintang Timur untuk melestarikan objek wisata air panas dan lingkungan sekitarnya.

Camat Lembo, Benyamin PB. Hambuako, mengapresiasi langkah PLN dalam melestarikan lingkungan dan mengelola pariwisata melalui program Desa Berdaya.

"Kami selaku pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh BUMDES dan PLN dalam meningkatkan kelestarian Desa Beteleme, terutama pada potensi wisata sumber air panas. Dukungan PLN akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam memajukan wisata dan pertumbuhan ekonomi desa," ujarnya.

Ketua BUMDes Bintang Timur Beteleme, Norcin Y. Supari, menyebutkan objek wisata air panas di Desa Beteleme memiliki potensi besar jika dikelola dengan baik. Diakuinya, pemanfaatan objek wisata air panas di Desa Beteleme masih perlu ditingkatkan.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN UIP Sulawesi karena sejak dimulainya program Desa Berdaya pada Juni 2024, BUMDes dan warga desa telah melakukan beberapa kegiatan, seperti membersihkan area sungai, menata ulang kolam dan lingkungan sekitar, serta memperbaiki fasilitas umum seperti toilet, gazebo, papan penunjuk arah, pagar, dan pengadaan tempat sampah," jelasnya.

Norcin menambahkan, program ini juga mendukung peningkatan pendapatan desa melalui pemberdayaan UMKM. Program Desa Berdaya PLN memberikan banyak manfaat, termasuk menciptakan objek wisata yang menarik, memberikan wadah bagi organisasi desa dalam mengelola sumber daya alam, serta menciptakan pendapatan bagi usaha-usaha di Desa Beteleme.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya