home news

Andi Sudirman dan Fatmawati Siap Hadapi Pilgub Sulsel dengan Elektabilitas Tinggi

Jum'at, 27 September 2024 - 11:50 WIB
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi. Foto: Istimewa
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi, yang dikenal dengan sebutan Andalan Hati, menunjukkan dominasi yang signifikan dalam berbagai survei dibandingkan dengan pasangan calon pesaing mereka, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Azhar Arsyad.

Analisis politik menunjukkan bahwa Andalan Hati unggul di 23 dari 24 kabupaten/kota di Sulsel yang terbagi dalam tiga daerah pemilihan (dapil).

Satu-satunya wilayah di mana mereka kalah adalah Kota Makassar, yang menjadi basis kekuatan pasangan DIA, di mana Danny Pomanto menjabat sebagai wali kota petahana selama dua periode.

Namun, survei yang dilakukan oleh SSI menunjukkan persaingan yang ketat di Makassar, dengan Danny Pomanto hanya unggul tipis dengan angka 50% berbanding 39,23% untuk Andalan Hati.

Prof Armin, pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, mengemukakan bahwa Andi Sudirman berhasil menguasai wilayah Dapil 2, yang mencakup kabupaten seperti Bulukumba, Sinjai, Bone, dan beberapa daerah lainnya.

Di sisi lain, Fatmawati Rusdi menunjukkan kekuatan di Dapil 3, meliputi Sidrap, Pinrang, dan daerah lain yang memiliki potensi dukungan signifikan.

"Dapat dicatat juga bahwa Fatmawati terpilih di DPR dari Dapil 1, yang mencakup Kota Makassar dan sekitarnya. Ini menunjukkan bahwa Andalan Hati memiliki keunggulan dalam survei," ungkap Prof Armin di Makassar pada Rabu (25/9/2024).
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya