home news

BPTD Sulsel Edukasi Keselamatan Lalu Lintas lewat GAS Run

Minggu, 13 Oktober 2024 - 13:05 WIB
Suasana pembagian doorprize untuk para peserta event lari GAS Run yang diselenggarakan BPTD Sulsel di Anjungan Pantai Losari. Foto/Tri Yari Kurniawan
Sedikitnya 1.000 peserta ikut meramaikan event lari bertajuk Go Active and Safety (GAS) Run 2024 di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, pada Minggu (13/10/2024). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari Pekan Keselamatan Jalan (PKJ), dimana tahun ini mengusung tema Lintas Batas.

GAS RUN di Makassar diselenggarakan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sulawesi Selatan (Sulsel). Berkolaborasi dengan berbagai instansi, termasuk pemerintah daerah. Turut hadir dalam flag off yakni Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis.

GAS Run digelar tidak sekadar untuk meramaikan PKJ 2024, tapi juga menebar 'virus' gaya hidup sehat, sekaligus sosialisasi dan edukasi keselamatan lalu lintas. Salah satu fokus pihaknya ialah kepada insan pendidikan, mulai dari murid PAUD hingga mahasiswa.

Kepala BPTD Kelas II Sulsel, Bahar Latief, menyampaikan PKJ 2024 di Sulsel dirayakan dengan berbagai kegiatan seru dan edukatif. Mulai dari fun run dan jalan santai hingga sosialisasi dan edukasi keselamatan lalu lintas ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya untuk insan pendidikan.

Menurut Bahar, sangat penting untuk menanamkan edukasi keselamatan lalu lintas sejak dini. Muaranya, agar angka lakalantas, khususnya fatalitas dapat terus menurun. "Keselamatan merupakan wujud komitmen kita dalam pelaksanaan transpotasi di Sulsel," tegasnya.

Bahar menjelaskan sosialisasi dan edukasi ke insan pendidikan berfokus pada aspek dasar. Misalnya, tips berjalan kaki yang aman, mengenal rambu lalu lintas, serta pentingnya kepatuhan dalam berkendara.

“Kami memberikan pemahaman kepada pelajar hingga mahasiswa bahwa berkendara harus mematuhi aturan dan tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan jika belum memiliki SIM," tuturnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya