home news

Hari Listrik Nasional ke-79, PLN Siap Jadi Fondasi Pembangunan Nasional

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:22 WIB
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo saat menjadi pembina upacara Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (28/10). Foto/Dok PLN
Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79 jatuh pada 27 Oktober. Selama 79 tahun, PT PLN (Persero) telah menerangi masyarakat Indonesia. Dengan tema “Energi Baru untuk Indonesia Maju”, PLN bertekad untuk terus berinovasi dalam menyediakan energi bersih secara berkelanjutan demi kemajuan bangsa.

Dalam upacara peringatan HLN ke-79 dan Hari Sumpah Pemuda, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan pentingnya semangat pemuda dalam menjalankan mandat sebagai fondasi pembangunan nasional. PLN berkomitmen mendukung upaya Pemerintah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8 persen.

"Tugas PLN kini bukan hanya menyediakan listrik andal, tetapi juga menjaga lingkungan, menurunkan emisi gas rumah kaca, dan menjadi fasilitator kemajuan bangsa Indonesia. Melalui listrik hijau yang andal dan merata, PLN berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, menciptakan lapangan kerja, memerangi kelaparan, menekan angka kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan bahwa PLN telah melakukan berbagai transformasi selama empat tahun terakhir di sektor pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem keuangan, pengadaan, dan pelayanan pelanggan. "PLN telah mengubah proses bisnis yang tadinya lambat dan berbelit, kita ubah menjadi proses bisnis yang simpel, sederhana, cepat, dan trengginas," katanya.

Selain itu, PLN berhasil mengonsolidasikan aset-asetnya yang sebelumnya terpecah menjadi lebih teratur dalam bentuk holding dan subholding. Perusahaan juga mengubah cara pandang dari backward looking menjadi forward looking dengan melakukan modernisasi dan digitalisasi dalam berbagai sektor.

Darmawan menegaskan bahwa transformasi ini membuat PLN tetap tangguh bahkan selama pandemi COVID-19. Meski penjualan menurun, PLN berhasil meningkatkan pendapatan listrik dan mencatatkan keuntungan terbesar dalam sejarahnya.

“Empat tahun lalu kita menghadapi Covid-19. Banyak perusahaan-perusahaan besar terpuruk, tetapi PLN mampu bangkit lebih cepat. Ini semua berkat PLN yang terus guyub dan kompak, karena itu adalah modal dasar kita apapun tantangannya,” kata Darmawan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya