home news

OPINI: Bagaimana Ketahanan Pangan Kita Menjelang 78 Tahun Indonesia?

Sabtu, 15 Juli 2023 - 12:50 WIB
Ariady Arsal. Foto: Dokumentasi Pribadi
Ariady Arsal

Pengajar Sekolah Pasca Sarjana Unhas

Kita patut berbangga pendapatan ekonomi nasional Indonesia tahun 2023 diperkirakan akan mencapai Rp2.443,6 triliun, meningkat jika dibandingkan tahun 2022 yang sebesar Rp2.436,9 triliun. Menjelang peringatan 78 Indonesia dan suasana politik yang eskalasinya semakin meningkat, akankah kondisi ekonomi kita akan tetap stabil tercapai?

Kita sudah mengetahui tahun ini Indonesia mencanangkan tagline: ”Terus melaju untuk Indonesia maju”. Harapan besar dan semangat optimisme yang patut kita dukung sekaligus motivasi pembangunan yang berkelanjutan. Saya tertarik memperhatikan kondisi ketahanan pangan kita saat ini karena masalah pangan selalu menjadi masalah yang krusial sejak era Indonesia Merdeka. Presiden Soekarno, Proklamator Indonesia di Bogor pada tanggal 17 April 1952 mengungkapkan pangan rakyat soal hidup atau mati.



Menurut Global Food Security Index (GFSI), indeks ketahanan pangan Indonesia pada tahun 2022 yang lalu berada di level 60,2, telah mengalami perbaikan bila dibandingkan periode 2020-2021. Kondisi ketahanan pangan ini, masih di bawah rata-rata global yang indeksnya 62,2, serta lebih rendah dibanding rata-rata Asia Pasifik yang indeksnya mencapai 63,4. Terdapat empat indikator yang digunakan oleh Global Food Security Index yakni keterjangkauan harga pangan (affordability), ketersediaan pasokan (availability), kualitas nutrisi (quality and safety), serta keberlanjutan dan adaptasi (sustainability and adaptation).

Bila memperhatikan nilai affordability Indonesia yang mencapai 81,4 maka secara umum harga pangan di Indonesia sangat terjangkau bila dibandingkan negara-negara lain di Asia Pasifik yang dengan indeks 73,4, jauh lebih rendah dari Indonesia. Artinya harga-harga pangan Indonesia seperti beras dan jagung, masih sangat rendah dan sangat terjangkau. Secara sederhana kita dapat mengecek kondisi harga apakah terjangkau atau tidak dari respon masyarakat terkait perubahan harga.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
ketahanan pangan opini
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya