home news

Dua Survei Terbaru: Ridwan Kamil Capres Alternatif & Cawapres Potensial di Pilpres 2024

Kamis, 23 Februari 2023 - 17:23 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, konsisten masuk radar sebagai kandidat, baik capres maupun cawapres menjelang Pemilihan Presiden alias Pilpres 2024. Foto/Istimewa
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, konsisten masuk radar sebagai kandidat, baik calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) menjelang Pemilihan Presiden alias Pilpres 2024. Hal itu terekam dalam hasil survei terbaru dari dua lembaga berbeda rentang Januari hingga Februari 2023.

Hasil survei Litbang Kompas pada 25 Januari - 4 Februari menempatkan Ridwan Kamil sebagai capres alternatif dengan elektabilitas tertinggi. Sedangkan, dalam survei Populi Center pada 25 Januari - 2 Februari 2023, pejabat yang akrab dipanggil RK itu menjadi figur paling disukai oleh masyarakat. Mantan Wali Kota Bandung tersebut memuncaki survei untuk cawapres 2024.

Baca Juga:Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi sebagai Calon Presiden Alternatif

Sebagai capres alternatif, elektabilitas RK berada pada angka 22,7 persen. Jauh lebih unggul dari Sandiaga Uno di posisi kedua dengan elektabilitas 7,3 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi ketiga dengan elektabilitas 5,8 persen.

Pakar politik Ujang Komarudin menyebut nama capres alternatif yang muncul dalam survei tersebut berkesempatan menjadi cawapres. ”Punya kesempatan lebih besar dari yang lain,” kata dia.

Ujang menilai munculnya potres capres alternatif merupakan bagian dinamika proses demokrasi. Namun dia menilai figur-figur yang muncul sebagai capres alternatif lebih pas dijadikan sebagai cawapres. ”Saya melihatnya kapasitas capres alternatif itu jadi cawapres,” imbuhnya.

Terpisah, peneliti Litbang Kompas Eren Marsyukrilla menjelaskan bahwa munculnya potret capres alternatif dalam hasil survei Litbang Kompas memang tidak lepas dari dinamika politik. Sampai waktu pendaftaran capres dan cawapres tiba, masih mungkin terjadi perubahan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
ridwan kamil pilpres 2024
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya