home news

Wujudkan Green Tourism, PLN Bakal Pasok 100% Energi Bersih di Tana Toraja & Torut

Senin, 25 Desember 2023 - 12:43 WIB
Terletak di dataran tinggi Sulawesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara (Torut) menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Foto/Dok PLN
Terletak di dataran tinggi Sulawesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara (Torut) menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Dengan segala keindahan alam dan keunikan kultur budayanya, lokasi wisata tersebut sudah mendunia.

PT PLN (Persero), sebagai salah satu penggerak roda ekonomi bangsa dan motor dalam katalisator suksesnya transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) 2060 di Indonesia turut berkomitmen mendukung pengembangan destinasi wisata berkelanjutan (green tourism) melalui pasokan energi bersih khususnya di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara untuk pengembangan kawasan wisata yang bebas polusi dan ramah lingkungan.

Dalam acara Apel Siaga Kelistrikan menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sekaligus deklarasi program Green Tourism di Toraja Utara (23/12), mewakili Bupati Toraja Utara, Asisten Administrasi Umum Toraja Utara, Samuel Sampe Rompon menyatakan dukungan Pemerintah Kabupaten Toraja bagi PLN dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Tentu kami sangat berterima kasih sekaligus memberikan dukungan penuh kepada PLN dalam upaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan melalui penggunaan energi ramah lingkungan di destinasi wisata Toraja Utara," kata dia.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tana Toraja yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Muhammad Safar juga memberikan apresiasi kepada PLN dalam menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik. Ia optimis PLN akan menambah infrastruktur SPKLU di Toraja untuk mendorong kesiapan ekosistem kendaraan listrik.

"Ke depan kami berharap bahwa kawasan ini bisa berlanjut terus dan tidak hanya pada konteks pengembangan fasilitas, tapi juga bisa melakukan kampanye dalam hal pengembangan kawasan pariwisata yang bebas atau rendah karbon emisi," pungkas Safar.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin berkomitmen PLN akan menerapkan 100% penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk melistriki Tana Toraja dan Toraja Utara yang berasal dari empat Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro yang terletak di Makale dan Rantepao.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya