home news

Kemenhub Tugaskan Pelni Layani 30 Trayek Kapal Perintis di 18 Wilayah di Indonesia

Rabu, 14 Februari 2024 - 17:06 WIB
Kemenhub RI menugaskan PT Pelni untuk melayani 30 trayek kapal perintis di 18 wilayah di Indonesia pada 2024. Foto/Dok Pelni
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menugaskan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) untuk melayani 30 trayek kapal perintis di 18 wilayah di Indonesia pada 2024. Trayek penugasan kapal perintis ini mengalami penyesuaian dari 2023 lalu.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Evan Eryanto, mengatakan bila pada 2023 Pelni menjalankan penugasan sebanyak 42 trayek kapal perintis, maka pada 2024 hanya 30 trayek dengan 30 unit kapal perintis yang akan dijalankan oleh Pelni. Penyesuaian ini sudah berlaku per 1 Januari 2024 kemarin.

"Kami berharap dapat terus menjaga kepercayaan Pemerintah dalam pengelolaan kapal perintis yang profesional dengan pelayanan yang prima. Atas penyesuaian ini, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sejak tahun 2015 merasakan pelayanan kami selama menjalankan penugasan kapal perintis," kata Evan, dalam keterangan persnya.

Selama menjalankan penugasan kapal perintis, Pelni telah melakukan sejumlah peningkatan pelayanan. Saat ini tiket kapal perintis sudah dilayani menggunakan aplikasi sehingga pencatatan manifest penumpang bersifat real time dan digital. Selain itu, penumpang kapal perintis juga sudah dapat merasakan pelayanan kamar kelas dengan fasilitas yang lebih nyaman selama pelayaran.

"Sebagai perusahaan pelayaran yang melayani angkutan penumpang, kami terus berinovasi agar pengalaman berlayar penumpang semakin baik dan berkesan," sebut Evan.

Berikut daftar kapal perintis yang telah dikembalikan ke Kementerian Perhubungan RI:

1. KM Sabuk Nusantara 66 (Bengkulu)
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya