home news

Kolaborasi Kemenag RI & Unilever Indonesia Berdayakan 2 Juta Santri

Kamis, 15 Februari 2024 - 20:48 WIB
Kemenag RI dan Unilever Indonesia hari ini dilakukan acara penandatanganan nota kesepahaman dengan target jangkauan dua kali lipat dari tahun sebelumnya yaitu 2 juta santri/santri putri. Foto/Istimewa
Melanjutkan kesuksesan dari Program Pesantren Sehat Hijau Berdaya yang terselenggara sejak 2020 atas kerja sama Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan Unilever Indonesia, hari ini dilakukan acara penandatanganan nota kesepahaman yang akan mengawali babak baru dengan target jangkauan dua kali lipat dari tahun sebelumnya yaitu dua juta santri/santri putri di berbagai wilayah Indonesia.

Peresmian kelanjutan kolaborasi yang dilakukan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta ini turut dihadiri oleh Wakil Menteri Agama RI, ⁠Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf dan Plt. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, Komisaris Independen dan jajaran Direksi Unilever Indonesia, Pengasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, serta lebih dari 1.200 santri/santri putri.

Sejak awal pelaksanaannya, Program Pesantren Sehat Hijau Berdaya bertujuan memperkuat peranan Pesantren sebagai pusat bertumbuhnya agents of change yang mampu berkontribusi pada kemaslahatan umat dan kemajuan bangsa.

Wakil Menteri Agama RI, KH. Saiful Rahmat Dasuki, menyatakan pesantren secara konsisten telah mendidik jutaan santri hingga ke pelosok negeri dan melahirkan para ulama dan kyai yang memiliki kedalaman ilmu agama yang mumpuni. Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pesantren memegang peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak generasi muda, yang mencakup aspek kesejahteraan fisik, emosional, sosial, dan intelektual mereka.

"Dalam era modern ini, kita menyadari perlunya penyesuaian dan inovasi untuk menjadikan Pesantren sebagai tempat yang tidak hanya menawarkan pendidikan agama, tetapi juga lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak secara holistik. Semoga penandatanganan nota kesepahaman hari ini bisa memberikan penguatan dan peningkatan kesadaran tentang kesehatan, menjaga lingkungan yang bersih, serta menanamkan semangat enterpreneurship kepada segenap Pesantren yang ada di Indonesia," ungkap dia.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Nurdiana Darus, menanggapi bahwa Unilever Indonesia telah tumbuh bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 90 tahun. Salah satu komitmen pihaknya adalah mendukung terciptanya generasi masa depan yang lebih sehat, peduli lingkungan, dan berdaya melalui berbagai kemitraan, termasuk tentunya dengan Pemerintah dan institusi pendidikan.

"Pesantren menjadi salah satu lembaga strategis dalam mewujudkan komitmen ini karena kami percaya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dapat terlahir dari ribuan Pesantren di berbagai wilayah nusantara – yang hingga kini tercatat menaungi 4,85 juta santri/santri putri atau kurang lebih 10% dari jumlah pelajar di Indonesia," ungkap dia.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya