home news

Pelindo Regional 4 Prediksi Penumpang Arus Mudik Meningkat 6 Persen

Kamis, 28 Maret 2024 - 08:27 WIB
Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan kapal Pelni di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Rabu (27/3/2024). Foto: Maman Sukirman
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memprediksi, peningkatan penumpang arus mudik sebesar 6% pada momen Lebaran tahun ini.

Prediksi peningkatan jumlah penumpang di momen mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini yaitu sebanyak 785.880 orang, dari sebanyak 741.396 orang penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 pada tahun lalu.

Selain itu, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memprediksi puncak lonjakan arus penumpang mudik di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 terjadi sejak H-4 dan puncak arus balik diperkirakan pada H+10 hari raya.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan bahwa, pihaknya telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang di seluruh pelabuhan kelolaan di Regional 4 tahun ini.

“Misalnya kita telah melakukan peningkatan fasilitas di Pelabuhan Makassar, membuat Ruang Tunggu Sementara (RTS) di Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Ambon, serta melaksanakan transformasi terminal penumpang di Pelabuhan Samarinda, Ambon, dan Pelabuhan Nunukan,” tutur Abdul Azis.

Pihaknya juga melakukan peningkatan pola operasi, digitalisasi, dan pemenuhan fasiltas lainnya seperti penambahan kursi, AC, serta perbaikan toilet di ruang tunggu penumpang. "Juga meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan menjadi lebih optimal dan maksimal," jelasnya.

Diketahui, libur hari raya besar keagamaan selalu menjadi momen yang dinantikan. Termasuk momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang setiap tahun selalu ditunggu seluruh umat Muslim untuk melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya