home news

Anggota Komisi V Aras Usulkan Banyak Tiket Promo saat Momen Mudik Lebaran

Senin, 01 April 2024 - 10:19 WIB
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Aras. Foto: Istimewa
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Aras mengingatkan agar harga tiket transportasi tidak naik signifikan saat momen arus mudik jelang lebaran. Situasi ini bisa memberatkan masyarakat.

"Kita sudah meminta kepada kementerian perhubungan untuk mengingatkan kepada seluruh maskapai itu, tidak memberikan kenaikan yang terlalu tinggi. Paling tidak bahwa tiket-tiket promo itu di perbanyak dan tiket-tiket yang kelas Y itu dikurangi. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan tiket murah itu ada," kata Aras saat ditemui di Makassar pada Ahad (31/04/2024).

Aras menuturkan, walaupun sudah ditentukan ada batas atas dan ada batas bawah, tetapi kalau peminatnya terlalu banyak, sehingga membuat sistemnya biasanya menumpuk ke atas.

"Karena yang di bawah ini promo-promo cepat habis. Makanya kita minta promo-promo ini ditambah. Mungkin biasanya kalau 50% promo, 50% yang kelas atas, ya ini bisa 65-35. Maksud saya mungkin yang harga rendah bisa 65%.

35% menyesuaikan dengan kebutuhan dan yang biasanya dapat menengah atas," ujarnya.

Anggota Fraksi PPP ini menuturkan, Komisi V DPR RI sudah minta ke Kementerian terkait hal itu. Kemudian pada Selasa (02/04/2024) besok, pihaknya mengundang kementerian PU, kementerian perhubungan, Korlantas, Basarnas, hingga BMKG untuk memastikan bahwa seluruh proses mudik ke seluruh Indonesia berjalan aman dan lancar.

"Ini betul-betul dimaksimalkan seluruh kekuatan yang ada di kementerian dan lembaga yang saya sebutkan. Jadi mereka tidak ada liburnya, mereka harus aktif. Apalagi juga cuaca sekarang ini kan sedikit agak ekstrim. Jadi teman-teman dari BMKG harus selalu memberikan informasi tentang cuaca baik di udara, laut, maupun potensi-potensi adanya tanah longsor," tuturnya.
(umi)
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya