home news

Pelindo Regional 4 Makassar Perkenalkan Kepelabuhanan ke Pelajar Makassar

Selasa, 14 Mei 2024 - 20:08 WIB
Pelindo Regional 4 Makassar menyambut para pelajar dari SMP Laniang Makassar di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4 di Makassar, Senin (13 Mei 2024). Foto/Dok Pelindo
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar menyambut para pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Laniang Makassar di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4 di Makassar, Senin (13 Mei 2024). Dalam kegiatan itu, Pelindo memperkenalkan seputar kepelabuhanan ke peserta didik.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 46 pelajar kelas 7 dan 8 dengan 15 guru pendamping ini dalam rangka berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan tentang kepelabuhanan. Di antaranya mengenalkan fungsi pelabuhan, perekrutan, dan sistem kerja di Pelindo, serta membawa para peserta didik bersama para guru pendamping untuk melakukan kunjungan langsung ke Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin, mengatakan program ini sangat penting untuk menumbuhkan semangat belajar para pelajar, khususnya dalam menggapai cita-cita mereka di masa depan.

“Karena tidak menutup kemungkinan ke depannya mereka adalah calon karyawan di Pelindo," tuturnya.

Selain itu lanjut dia, juga untuk memperkenalkan fungsi dan peran pelabuhan dalam kemajuan wilayah, khususnya Makassar yang menjadi pintu gerbang kawasan Indonesia tengah dan timur.

“Dalam sistem transportasi, pelabuhan adalah gateway (pintu gerbang) dari suatu wilayah. Jika pintu gerbangnya besar pasti wilayahnya bagus. Sebaliknya jika pintu gerbangnya kecil, berarti wilayahnya masih terbelakang,” ujarnya saat memberikan materi di hadapan para dan guru.

Iwan lalu mencontohkan Singapura yang merupakan negara dengan luas wilayah yang kecil, namun sangat maju berkat peranan pelabuhannya yang sangat modern. Sehingga Singapura menjadi pintu gerbang distribusi bongkar muat barang perdagangan di Asia Tenggara, yang membuat pendapatannya sangat besar.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya