home news

GenBI Sulsel Ikuti Giat Bela Negara di Mako Lantamal VI

Sabtu, 08 Juni 2024 - 13:08 WIB
Sebanyak 230 mahasiswa yang tergabung dalam komunitas GenBI mengikuti kegiatan Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building di Mako Lantamal VI Makassar. Foto/Istimewa
Sebanyak 230 mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) mengikuti kegiatan 'Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building' di Mako Lantamal VI Makassar pada 7-9 Juni 2024.

Komunitas GenBI Sulsel yang berpartisipasi kali ini berasal dari tiga Perguruan Tinggi Negeri di Makassar yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kegiatan ini diawali opening ceremony dan leaders talk oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rizki Ernadi Wimanda dan Komandan Lantamal VI – Makassar, Brigadir Jendral TNI (MAR) Andi Rahmat M.

Adapun kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silahturahmi, penguatan keorganisasian dan memperluas wawasan kebangsaan. Selain itu untuk optimalisasi kemampuan GenBI dalam berorganisasi agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan masyarakat, serta memperkuat pengetahuan kebanksentralan sehingga dapat menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan terkini Bank Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Rizki menjelaskan kegiatan ini merupakan wadah pembelajaran dan pengalaman yang berharga untuk mendorong semangat anak-anak muda agar semakin mencintai tanah air. Di samping itu, memberikan kiat-kiat untuk membentuk jiwa kepemimpinan melalui 4AS yaitu Kerja Keras, Kerja Tuntas, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas.

“Dengan adanya kegiatan ini, Kami berharap GenBI dapat membentuk sikap disiplin waktu, jiwa kebersamaan dan solidaritas, mental fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme, melatih jiwa leadership, membentuk iman dan taqwa yang dianut oleh individu, serta berperilaku jujur, tegas, dan adil," jelasnya.

Sementara itu, Danlantamal VI-Makassar berharap setelah mengikuti pelatihan ini, GenBI tetap termotivasi untuk berusaha keras dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita. Ia menekankan pentingnya sikap pantang menyerah, kerja keras, dan bersyukur dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya