home news

Universitas Hasanuddin Tuan Rumah Olimpiade Vokasi Indonesia IX 2024

Jum'at, 19 Juli 2024 - 11:15 WIB
Suasana pembukaan Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ke IX 2024, dimana Universitas Hasanuddin bertindak selaku tuan rumah. Foto/Dok Unhas
Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ke IX 2024. Berkolaborasi dengan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI), kegiatan tersebut berlangsung di Grand Ballroom Hotel Unhas and Convention, Kampus Unhas Tamalanrea, pada Kamis (18/7/2024).

Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia sebagai wadah forum pendidikan tinggi vokasi, memiliki agenda rutin tahunan berupa kompetisi ilmiah mahasiswa antar perguruan tinggi vokasi se-Indonesia.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun semangat kompetitif antara mahasiswa vokasi se-Indonesia, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip kompetisi, seperti sportivitas, profesionalitas, dan transparansi.

Turut hadir dalam kegiatan itu yakni Dirjen Pendidikan Vokasi Kiki Yuliati, Ketua FPTVI Santoso Tri Hananto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslin, Dekan Fakultas Vokasi Unhas Prof Muh. Restu, Ketua Panitia Olivia IX Agustina Abdullah, dan jajaran pimpinan dari universitas.

Ketua Panitia OLIVIA IX 2024, Agustina Abdullah, dalam laporannya menyebutkan bahwa acara ini diikuti oleh 1.880 peserta dari 648 tim yang berasal dari 61 perguruan tinggi di 16 provinsi. Dari babak penyisihan, 144 tim dari 32 perguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia berhasil lolos ke babak final. Finalis bersama pendamping lomba yang hadir berjumlah sekitar 550 orang.

Universitas Brawijaya mengirimkan peserta terbanyak, yaitu 72 orang. Diikuti oleh UNS, IPB, ITS, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Surabaya, dan Politeknik Batam.

OLIVIA IX 2024 memperkenalkan jenis lomba baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Terdiri dari 6 kategori dengan 23 mata lomba, yaitu Manufacturing and Engineering Technology, Information and Communication Technology, Scientific Papers, Applied Skills, Social and Personal Services, dan Innovation Technology. Lomba ini diselaraskan dengan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas).
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya