home sports

Tour The Celebes di Makassar: Ratusan Racer Tamiya 4WD se-Indonesia Siap Adu Cepat

Rabu, 01 November 2023 - 19:44 WIB
Ratusan racer mobil Tamiya se-Indonesia siap adu cepat pada Grand Final National Championship Mini 4WD Max Damper bertajuk Tour The Celebes 2023 di Mall Pipo Makassar pada Jumat-Minggu (3-5/11/2023).
Ratusan racer mobil Tamiya se-Indonesia siap adu cepat pada Grand Final National Championship Mini 4WD Max Damper bertajuk Tour The Celebes 2023 di Phinisi Point Mall, Kota Makassar pada Jumat-Minggu (3-5/11/2023) mendatang. Mereka memperebutkan total hadiah Rp120 juta.

Anggota Komite Mini 4 WD Sulsel, Indra, menyampaikan kejuaraan nasional (kejurnas) bertajuk Tour The Celebes di Makassar sudah masuk seri ke-5 sekaligus pamungkas. Sebelumnya, kompetisi yang digelar Komite Mini 4WD melalui Latto Garage ini sukses dihelat di berbagai daerah lingkup Sulawesi, seperti Kendari, Palu, Luwuk Banggai, dan Bone.

Pada kejuaraan nanti, ratusan peserta atau racer sekaligus pecinta Tamiya yang berlomba berasal dari berbagai provinsi se-Indonesia. Selain dari Sulawesi Selatan, juga ada dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. "Yang dari luar Sulawesi, ada peserta dari Yogyakarta, Surabaya, Papua, Jakarta, dan Kalimantan," ungkap dia, saat konferensi pers persiapan Tour The Celebes, Rabu (1/11/2023).

Sejauh ini, sudah ada setidaknya 31 tim yang siap berlaga pada kejurnas ini. Adapun jumlah racer dalam satu tim bervariasi mulai dari 3 orang hingga 15 atau 20 orang. Adapun saat ini, tahapan kompetisi memasuki kualifikasi untuk kategori Standar Tamiya Box (STB). Hanya racer terbaik yang akan melaju ke putaran final pada kejurnas balap Tamiya.

Indra mengimbuhkan pelaksanaan event akbar ini memiliki banyak tujuan dan manfaat. Di antaranya yakni memperkenalkan komunitas mini 4WD asal Sulawesi, sekaligus memperkenalkan mini 4WD sebagai cabang olahraga prestasi. Toh, balap mobil mini 4WD akan dipertandingkan secara eksebisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatera.

"Lewat event ini, kami ingin memperkenalkan ada komunitas mini 4WD di sini, memperkenalkan Celebes dan mengolahragakan mini 4WD. Makanya, ajang ini ditujukan untuk seluruh pecinta mini 4WD yang diselenggarakan putra-putri Sulsel," paparnya.

"Nah, dari event ini kan sangat berpotensi untuk mencari racer dan mekanik terbaik. Apalagi tahun depan sudah masuk PON. Ya kalau bicara PON, maka bicara atlet profesional," sambung Indra.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya