home sulsel

Genba & SOT PT Semen Tonasa: Upaya Wujudkan Lingkungan Kerja Aman & Produktif

Kamis, 15 Agustus 2024 - 13:57 WIB
Dalam upaya mewujudkan lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif, PT Semen Tonasa secara konsisten menggelar Genba & Safety Observation Tour (SOT) di seluruh unit kerja. Foto/Dok Semen Tonasa
Dalam upaya mewujudkan lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif, PT Semen Tonasa secara konsisten menggelar Genba & Safety Observation Tour (SOT) di seluruh unit kerja. Kegiatan terbaru dilaksanakan di Area Finish Mill Tonasa Unit 4 pada Rabu (14/8/2024).

Sebelumnya, kegiatan Genba & SOT telah diadakan di beberapa area dan akan terus dilakukan secara bergilir di setiap unit kerja, baik di area pabrik maupun kantor.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama Semen Tonasa, Asruddin, Direktur Operasi Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini, serta para karyawan Band 1 dan Band 2 PT Semen Tonasa. Selain itu, hadir juga fasilitator Total Productive Maintenance (TPM) dan karyawan SGA Officer.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi bahaya di setiap area kerja serta mendorong perbaikan dalam pola produktivitas. Melalui kegiatan ini, PT Semen Tonasa berhasil mengidentifikasi berbagai kondisi tidak aman dan abnormalitas.

Direktur Operasi PT Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini, menyampaikan beberapa temuan dari hasil observasi lapangan. Temuan-temuan yang didapatkan tentu tidak hanya bersifat negatif tetapi ada juga yang positif.

"Untuk temuan negatif, kita akan melakukan upaya-upaya perbaikan agar tidak muncul kembali di kegiatan berikutnya. Sementara temuan positif, akan kita sebarkan sehingga dapat diimplementasikan dengan lebih baik di tempat lain,” jelasnya.

Alfin juga berharap dari berbagai temuan abnormalitas ini, pihaknya dapat melakukan pembenahan di area-area kerja sehingga kinerja menjadi optimal. Dapat memberikan dampak positif pada performa perusahaan, dan meningkatkan produktivitas perusahaan.
(tri)
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya