home sulsel

Kabar Gembira! Warga 3 Pulau di Pangkep Kini Nikmati Listrik Hijau dari PLN

Selasa, 20 Agustus 2024 - 17:37 WIB
Pulau Polewali, Kabupaten Pangkep kelihatan dari udara. Pulau ini kini menikmati listrik 24 jam PLN dari sebuah inovasi SuperSUN. Foto/Dok PLN
PT PLN (Persero) terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan akses listrik ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk ke wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Hal ini dibuktikan dengan pemasangan 118 unit mikro pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan energy storage yang dikenal dengan nama Sorong Ultimate for Electrifying - Surya untuk Negeri (SuperSUN), untuk melayani 118 pelanggan di Pulau Polewali, Pulau Saugi, dan Pulau Sapuli, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Dengan adanya inovasi dari PLN di ketiga pulau tersebut, masyarakat kini dapat menikmati listrik selama 24 jam penuh tanpa perlu menggunakan genset lagi.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diwakili oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andi Eka Prasetya, dalam sambutannya, mengapresiasi upaya PLN dalam melistriki kepulauan dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Dalam momentum kemerdekaan ini, kita bersinergi untuk menghadirkan pemerataan akses listrik di pelosok. Inovasi PLN dengan SuperSUN ini adalah bukti nyata bahwa pemerintah hadir dan terus bekerja serta berinovasi untuk pemerataan akses listrik di pelosok yang menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan," ujar Andi Eka.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, menyampaikan hadirnya SuperSUN sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian. "Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan SuperSUN di ketiga pulau ini. Saya berharap masyarakat dapat menjaga keberlangsungannya," kata Yusran.

Hadirnya listrik memberikan manfaat yang besar kepada warga, seperti yang diungkapkan oleh Basir Daeng Liong, salah satu warga di Pulau Polewali. Setelah rumahnya teraliri listrik, kini ia dan masyarakat dapat beraktivitas lebih leluasa dan memproduksi es batu untuk menyimpan ikan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya