home sulsel

Persatuan Syiar Islam Tonasa Gelar Diklat Penyelenggaraan Jenazah di Pangkep

Senin, 23 September 2024 - 16:46 WIB
Persatuan Syiar Islam Tonasa (PSIT) mengadakan Diklat Penyelenggaraan Jenazah di Masjid Raodhatul Muttaqin, Kabupaten Pangkep, Sabtu (21/9/2024) pekan lalu. Foto/Dok PT Semen Tonasa
Persatuan Syiar Islam Tonasa (PSIT) mengadakan Diklat Penyelenggaraan Jenazah di Masjid Raodhatul Muttaqin, Kabupaten Pangkep, Sabtu (21/9/2024) pekan lalu. Acara ini dibuka oleh Direktur Keuangan PT Semen Tonasa, Anis, yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina Yayasan Dakwah & Pendidikan Islam (YDPI) Semen Tonasa.

Diklat ini dihadiri oleh 49 peserta, termasuk para imam, pengurus, dan anggota PSIT Tonasa 1 & 2, serta utusan dari Kerukunan Istri Karyawan Semen Tonasa (KIKST) dan Ketua YDPI, Ilyas, HM.

Ilyas HM selaku Ketua YDPI PT Semen Tonasa menyampaikan gelaran diklat ini menjadi momen meningkatkan pemahaman tentang tata cara pengurusan jenazah. "Juga termasuk pengetahuan tentang hukum-hukum yang terkait serta prosedur yang tepat dalam pengurusan jenazah," kata dia.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Semen Tonasa, Anis, menekankan pentingnya profesionalisme dalam pengelolaan jenazah. Sudah saatnya kepengurusan jenazah di lingkungan perusahaan dan sekitarnya dikelola layaknya Event Organizer.

"Ya harus secara profesional dengan layanan paripurna, tanpa sedikit pun menyusahkan keluarga duka," tutur dia.

Diklat ini juga menghadirkan narasumber Ustad Dr. Abdul Hakim Jurumiah, yang menjelaskan berbagai aspek penyelenggaraan jenazah. Materi yang disampaikan mencakup menuntun Talqin saat sakaratul maut, memandikan jenazah, mengkafani jenazah, dan menguburkan jenazah.

Ustad Abdul Hakim juga mempraktekkan tata cara yang tepat dalam setiap tahap penyelenggaraan jenazah.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya