home sulsel

Inovasi Si Cerdas Bu Priska Wakili Sulsel ke Tingkat Nasional 

Sabtu, 15 April 2023 - 10:48 WIB
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyebut inovasi Si Cerdas Bu Priska sangat bermanfaat bagi masyarakat. Foto/Dok SINDO Makassar
Inovasi Si Cerdas Bu Priska atau Solusi Cepat Ringkas Dengan AplikaSi Buku Tamu Pelayanan Registrasi Kependudukan masuk dalam Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan mewakili Sulsel pada tingkat nasional.

Hal ini berdasarkan surat pengumuman dari Pemerintah Provinsi yang disampaikan kepada seluruh kabupaten/kota yang lolos termasuk Kabupaten Gowa.

Baca Juga:Pemkab Gowa Dukung Keberlangsungan MAN IC di Parangloe

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan inovasi pelayanan kependudukan ini sangat bermanfaat kepada seluruh masyarakatnya. Terlebih Kabupaten Gowa memiliki sembilan dataran tinggi yang cukup jauh ke Sungguminasa (Kantor Disdukcapil) jika ingin mengurus pelayanan kependudukan.

"Tentu kami sangat berbangga salah satu inovasi pelayanan Kabupaten Gowa masuk dalam top 30 ini, ini salah satu cara atau komitmen kita untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di dataran tinggi agar masyarakat bisa lebih hemat waktu dan pastinya hemat biaya," ungkapnya.

Orang nomor satu di Gowa itu menyebutkan, Gowa berhasil masuk top 30 setelah melalui beberapa tahapan. Dimana tahap pertama yakni pengajuan proposal yang harus bersaing bersama 143 inovasi lainnya se-Sulsel, kemudian berhasil disaring menjadi top 50 untuk dilakukan verifikasi lapangan sehingga dari hasil verifikasi lapangan itu Gowa mampu lolos ke Top 30 Sulawesi Selatan yang secara otomoatis sebagai salah satu inovasi perwakilan Sulsel ke Tingkat Nasional.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Edy Sucipto, menjelaskan Inovasi ini merupakan sebuah aplikasi sederhana yang memanfaatkan tiga aplikasi yakni whatsapp, google form, dan spreadsheet, dimana pemohon hanya mengajukan permohonan ke nomor whatsapp yang telah ditentukan sesuai domisili atau wilayah masing-masing lalu mengikuti petunjuk yang diintruksikan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkab gowa inovasi daerah
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya