home sulsel

Wabup Gowa Sebut Otonomi Daerah Pacu Percepatan Pembangunan

Sabtu, 29 April 2023 - 15:01 WIB
Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni saat memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu (29/4/2023). Foto/Herni Amir
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke-27 tahun yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu (29/4/2023).

Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni, setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif seluruh daerah di Indonesia. Utamanya dalam memacu percepatan pembangunan daerah.

Baca Juga:Wabup Gowa Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat

"Terkhusus Kabupaten Gowa dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditunjukkan melalui beberapa indikator makro pembangunan," ujar dia.

Karaeng Kio-sapaan akrabnya, menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gowa mengalami kenaikan dari 70,29 persen pada 2021 menjadi 70,99 persen pada 2022. Hal ini tentunya mengindikasikan upaya Pemkab Gowa dalam peningkatan kualitas hidup manusia semakin nyata walaupun berada pada kondisi pandemi Covid-19.

Ia juga menyampaikan Pemkab Gowa rutin melaksanakan upaya penanganan inflasi melalui sejumlah kebijakan. Hal itu menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait pengendalian inflasi di 2023 ini, serta dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

"Sebagai upaya pengendalian inflasi, dan menjaga ketersediaan pasokan, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan produk dalam negeri yang masuk dalam Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)," kata Wabup Gowa.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
indeks pembangunan manusia (ipm) pemkab gowa otonomi daerah (otda)
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya