home sulsel

Bupati Budiman Inspektur Upacara Hardiknas Tingkat Kabupaten Lutim

Selasa, 02 Mei 2023 - 20:47 WIB
Bupati Luwu Timur (Lutim), Budiman menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023. Foto/Dok Pemkab Lutim
Bupati Luwu Timur (Lutim), Budiman menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 dengan tema 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar' di Lapangan Merdeka Malili, Selasa (02/05/2023).

Membacakan pidato seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Menristekdikti) RI Nadiem Anwar Makarim, Bupati Budiman menyampaikan bahwa, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan telah membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

"Ialah pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat," kata Bupati Budiman.

Baca Juga:Bupati Lutim Lantik 14 Kepala Sekolah Tingkat SD dan SMP, Ini Daftarnya

Lebih lanjut, ia mengatakan, sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

"Sementara pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirya program-program Kampus Merdeka," imbuhnya.

Dari segi pendanaan, Bupati Budiman menjelaskan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkab luwu timur bupati luwu timur hari pendidikan nasional (hardiknas)
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya