home sulsel

Pemkab Gowa Belajar Pengelolaan BLUD di RSD Mangusada Badung

Minggu, 09 Juli 2023 - 14:27 WIB
Pemerintah Kabupaten Gowa melaksanakan studi tiru mengenai penerapan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada. Foto: Istimewa
Pemerintah Kabupaten Gowa melaksanakan studi tiru mengenai penerapan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jum'at (7/7/2023) lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina menjelaskan, kedatangan rombongan dari Gowa ingin mendapatkan masukan dan mengadopsi proses implementasi yang sudah dilakukan oleh RSD Mangusada Khususnya dalam penerapan pola keuangan BLUD.

Baca Juga: Bupati Gowa Dapat Penghargaan Presiden di Bidang Pembangunan Keluarga

"Saya ucapkan terimakasih atas kesediannya menerima kami beserta rombongan. Tentu kedatangan kami ini tidak keliru dalam menimba pengetahuan, mengadopsi, mengaplikasikan beberapa langkah yang harus diterapkan nanti di RSUD Syekh Yusuf,” ucapnya.

Diketahui, BLUD merupakan sistem yang diterapkan oleh satuan kerja perangkat daerah atau unit satuan kerja perangkat daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya.

Mekanisme manajemen BLUD bertujuan untuk memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat sejalan dengan praktek bisnis yang sehat, untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh kepala daerah.

Ia berharap dalam kegiatan studi tiru ini pihaknya bisa mendapatkan informasi mengenai penerapan penetapan pola keuangan BLUD, baik terkait regulasi yang harus dipersiapkan sampai dengan tata pengelolaan anggaran untuk tingkat rumah sakit.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya