home sulsel

Peringati Hari Kontrasepsi, RSUD Andi Makkasau Gratiskan Layanan KB

Selasa, 26 September 2023 - 17:30 WIB
Suasana pelayanan KB gratis yang dilaksanakan RSUD Andi Makkasau dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi. Foto: SINDO Makassar/Darwiaty Dalle
RSUD Andi Makkasau Kota Parepare bekerja sama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menggelar pelayanan KB gratis. Layanan ini diberikan dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi.

Pelayanan KB gratis tersebut meliputi pemasangan IUD/AKDR, implan, suntik, pil, dan pemberian kondom, yang berlangsung di Ruang Poli PKBRS RSUD Andi Makkasau, Selasa (26/9/2023).

Staf Poli PKBRS RSUD Andi Makkasau Asriana mengatakan, layanan KB gratis yang digelar mencakup semua jenis akseptor KB.

"Sebelum menggunakan alat kontrasepsi, semua pasien akseptor ini diberikan konseling, untuk mengedukasi pasien terutama efek samping setelah memasang alat kontrasepsi," jelas Asriana.

Pemberian konseling atau edukasi kepada calon akseptor KB ini kata dia, dilakukan agar pasien tidak panik ketika menemui efek samping setelah pemasangan KB.

"Hal yang sama juga dilakukan setelah pemasangan, semua klien KB akan dikontrol. Juga bagi pasien yang melahirkan secara SC, kita juga kontrol melalui alarm berencana," tandasnya.

Sekadar diketahui, pelayanan KB Gratis pada rumah sakit bertipe B tersebut, rencananya akan digelar hingga 4 Oktober mendatang, dengan target 1.500 akseptor.
(man)
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya