home sulsel

2 Sekolah di Kabupaten Luwu Timur Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:55 WIB
Perwakilan dua sekolah saat menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri. Foto: Istimewa
Dua sekolah di Kabupaten Luwu Timur meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri. Dua sekolah itu yakni UPT SD Negeri 221 Malili dan UPT SMP Negeri 1 Tomoni.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur Andi Makkaraka didampingi Kepala UPT SP SD Negeri 221 Malili Andi Nurlaelah dan Kepala UPT SP SMP Negeri 1 Tomoni Kaslam, mengungkapkan kegembiraan atas prestasi ini.

Andi Makkaraka menjelaskan, dari empat sekolah yang diusulkan Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), dua sekolah ini berhasil melewati dua tahap penilaian, baik verifikasi dokumen melalui aplikasi KLHK SIDIA (Sistem Informasi Adiwiyata) maupun verifikasi lapangan secara virtual/online.

"Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima oleh sekolah ini. Sejak tahun 2013, sekolah di Luwu Timur telah menerapkan program Adiwiyata, dan pada tahun ini, mereka mendapatkan pengakuan Adiwiyata Mandiri. Keberhasilan ini berkat kerja sama yang baik antara DLH, Disdikbud, dan sekolah-sekolah di Luwu Timur," ujarnya.

Menurutnya, Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) sejalan dengan program "Peduli Ki' Saya Jagaki'" yang dicanangkan oleh Bupati Luwu Timur.

Dalam program ini terdapat tujuh gerakan yang dilaksanakan oleh sekolah yang telah menerapkan Adiwiyata.

"Kami berharap semangat Adiwiyata di kedua sekolah ini dapat menular ke sekolah-sekolah lain di Kabupaten Luwu Timur, dan semoga semangat ini terus tumbuh dalam penerapan Adiwiyata dan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS)," kata Andi Makkaraka.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya