home sulsel

Mahasiswa Polipangkep Borong Gelar Juara Kompetisi Inovasi Teknologi

Senin, 30 Oktober 2023 - 15:52 WIB
Kontingen Polipangkep memborong juara pada Kompetisi Inovasi Teknologi di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Foto: Istimewa
Kompetisi Inovasi Teknologi Pertanian (AITec) rutin diadakan bagi mahasiswa Politeknik. Pada 2023 ini, babak final AITec 5 diadakan di Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur, 26-28 Oktober 2023.

Kegiatan yang merupakan salah satu program Badan Koordinasi Kemahasiswaan lingkup vokasi se-Indonesia ini, dibuka secara resmi oleh Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Kiki Yuliati di Kampus Politani Kupang, Kamis, 26 Oktober 2023.

Dirjen Diksi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Kiki Yuliati tampak anggun mengenakan sarung motif Sumba ketika tampil membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Kiki Yuliati menerangkan bahwa pemerintah Indonesia sangat memahami keragaman, sehingga mendorong semua Politenik se-Indonesia termasuk Politani Kupang mengembangkan teknologi dan inovasi pertanian, guna mendukung kemandirian pangan dan keragaman pangan nasional berbasis potensi daerah.

“Bukan berarti yang tradisional hilang, tetapi diperlukan sentuhan teknologi guna menjaga agar tradisi tetap eksis untuk memberikan nilai lebih pada produk lokal kita dari sisi ekonomi, “ tegas KikiYuliati.

Dilansir dari web AITec 5, kegiatan tahunan vokasi ini bertujuan memberi wadah berinovasi bagi mahasiswa, meningkatkan kompetensi diri, meningkatkan kreativitas, dan kualitas produksi di bidang pertanian yang berwawasan lingkungan serta memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi tingkat nasional bidang pertanian.

Tujuan lain dengan dilangsungkannya AITec 5 ini dapat meningkatkan kualitas hubungan dan kerjasama antar perguruan tinggi vokasi bidang pertanian Indonesia. Hal itu didukung dengan keikutsertaan sejumlah 50 Politeknik Negeri se-Indonesia dan 1 institusi yang berasal dari Timor Leste di kompetisi ini.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya