home sulsel

Pemerintah Kabupaten Gowa Salurkan Bantuan Alsintan untuk Gapoktan

Senin, 25 Maret 2024 - 12:24 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan). Foto/Herni Amir
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan). Pemberian berupa hand traktor itu, dibagikan di setiap kecamatan yang menjadi persinggahan safari ramadan Adnan-Kio.

Seperti di Kecamatan Tompobulu. Di wilayah ini Bupati Gowa Adnan Purichta menyerahkan tiga unit hand traktor. Begitupula di Kecamatan Tombolopao dan Kecamatan Tinggimoncong. Sementara di Kecamatan Bungaya, Adnan menyetahkan dua unit handtraktor.

"Kita ingin hasil pertanian baik padi, jagung, dan hasil pertanian lain yang ada di Gowa semakin baik dan meningkat. Apalagi dengan melihat potensi pertanian yang dimiliki daerah yang kita cintai ini," katanya.

Adnan mengaku, pihaknya melalui Dinas Tanaman dan Hortikultura terus berkomitmen meningkatkan produktivitas pertanian yang ada di Kabupaten Gowa, sehingga ketersediaan pangan di Gowa mampu terus dijaga.

"Kita terus menjaga ketersediaan pangan, terus menjaga produktivitas dan juga menjaga ketahanan pangan kita yang ada di Kabupaten Gowa sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kita disini, juga bisa mensuplai dan membantu daerah lain,” jelas Adnan.

Peran yang tidak kalah penting lanjutnya, yaitu dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten, sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan pertanian di wilayah.

Diketahui, berdasarkan data BPS, hasil produksi beras Kabupaten Gowa pada 2023 kemarin sebesar 132.932,42 ton, masuk dalam lima besar kabupaten penghasil beras di Sulsel bersama Bone, Wajo, Pinrang, dan Sidenreng Rappang.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya