VinFast Hadir di Makassar, Tawarkan Mobil Listrik dengan Harga Kompetitif

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 30 Agu 2024 15:19
VinFast Hadir di Makassar, Tawarkan Mobil Listrik dengan Harga Kompetitif
VinFast, produsen mobil listrik asal Vietnam membuka showroom pertamanya di Kota Makassar, tepatnya di Jalan Veteran Selatan, pada Jumat (30/8/2024). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - VinFast, produsen mobil listrik asal Vietnam terus melakukan ekspansi bisnis di Indonesia. Hingga akhir Agustus 2024, total 15 showroom dibuka. Teranyar di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Jumat (30/8/2024), tepatnya di Jalan Veteran Selatan.

Showroom VinFast di Makassar merupakan yang pertama di Pulau Sulawesi, bahkan di Indonesia Timur.

Direktur Sales dan Network VinFast Indonesia, Davy J Tuilan, menyampaikan alasan pihaknya melakukan ekspansi ke Makassar. Sebagai hub atau pusat Kawasan Timur Indonesia, potensi pasar otomotif di Kota Daeng-julukan Makassar, sangat menjanjikan.

“Makassar adalah salah satu pasar terbesar di Indonesia Timur, jadi potensi Makassar dalam industri otomotif sangat besar. Ya, memang kalau dilihat pertumbuhannya akhir-akhir ini stagnan karena Covid-19 dan lainnya, tapi kami melihatnya pasar otomotif di Makassar itu besar,” kata dia.

Davy menyebut masyarakat Makassar dan sekitarnya pun dikenal progresif dan cerdas, sehingga bila diberikan pilihan mobil listrik canggih dan harga kompetitif pastinya akan mempertimbangkan. Nah, atas pertimbangan itu, pihaknya yakin VinFast bisa sukses di Makassar.

Dalam peresmian showroom itu, VinFast juga memperkenalkan dua model mobil listrik terbarunya di Makassar. Masing-masing yakni VF e34 dan VF 5. Kedua kendaraan itu pun telah diperkenalkan di sejumlah ajang pameran otomotif ternama, seperti IIMS dan GIIAS.

Davy menjelaskan dua model mobil listrik VinFast memiliki fitur kekinian yang tentunya canggih. Hebatnya lagi, kendaraan ini ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif. Untuk early bird dipatok berkisar Rp200-300 juta, padahal segmennya adalah kendaraan SUV.

“Pastinya setelah early bird, harganya bakal naik. Tapi di tahap awal untuk VF e34 dan VF 5 dipatok harganya Rp200-300 juta, dimana ini sebenarnya segmen tergemuk. Ingat, harga early bird ini hanya bagi orang-orang yang ingin membeli di awal,” katanya.

VinFast Hadir di Makassar, Tawarkan Mobil Listrik dengan Harga Kompetitif

Lebih lanjut, Davy menjelaskan VinFast berencana untuk membuka showroom sebanyak-banyaknya di Indonesia. Namun, dirinya belum bisa menyebut angka pasti untuk target. Namun, hingga akhir Agustus 2024 sudah ada 15 showroom.

VinFast menginginkan untuk menghadirkan cabang atau showroom di semua pula besar lingkup Indonesia. Mulai dari Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua, Maluku, NTT, NTB, dan Bali.

Pada kesempatan itu, Davy juga menjelaskan skema sewa baterai untuk pengguna mobil listrik VinFast. Metode itu dipastikannya sangat menguntungkan. Musababnya, harga jual kendaraan dan operasional bakal lebih baik.

Direktur PT Inovasi Merah Putih (VinFast Veteran), Rendi Massali, menyampaikan optimisme serupa soal pasar otomotif di Makassar yang menjanjikan. Terkhusus lagi untuk kendaraan listrik, yang tren pemakaiannya semakin meningkat, beberapa waktu terakhir.

“Saya melihat perkembangan di Makassar cukup menarik, ya. Saya melihat potensi konsumen di Makassar cukup tinggi dan melihat perkembangan industri otomotif, khususnya EV (electric vehicle) mulai naik. Makanya, kami coba masuk wilayah Makassar,” tutupnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru