500 Warga Mudik Gratis Bersama PLN UID Sulselrabar, Tujuan Palopo hingga Baubau

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 18 Apr 2023 20:53
500 Warga Mudik Gratis Bersama PLN UID Sulselrabar, Tujuan Palopo hingga Baubau
General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin saat melepas peserta mudik gratis di kantornya, Jalan Letjen Hertasning, Kota Makassar pada Selasa (18/4/2023). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) memfasilitasi mudik gratis bagi 500 warga untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Mudik gratis bertajuk 'Mudik Dinanti, Mudik di Hati' itu merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang rutin dilaksanakan oleh BUMN, termasuk PT PLN.

Seremoni pelepasan mudik gratis dilaksanakan di Kantor PLN UID Sulselrabar, Jalan Letjen Hertasning, Kota Makassar pada Selasa (18/4/2023). Hadir langsung melepas ratusan pemudik yakni General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin serta jajaran pejabat PLN dan Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah.



Andy menjelaskan program mudik gratis PLN UID Sulselrabar menyentuh 500 warga. Rinciannya untuk jalur laut sebanyak 150 orang dengan tujuan Baubau, Provinsi Sultra. Kelompok ini diberangkat sejak Senin (17/4/2023). Sedangkan, jalur darat sebanyak 350 orang dengan empat tujuan. Masing-masing yakni Watampone, Malili dan Palopo lingkup Provinsi Sulsel serta Mamuju, Provinsi Sulbar.

"Mudik gratis ini bagian dari program TJSL. Kali ini dalam rangka menjelang Lebaran, ada mudik. Tujuannya, agar mudik kali ini bisa berlangsung aman, nyaman, dan lancar. Insya Allah juga bisa zero accident," katanya.

Lewat program mudik gratis, Andy menyebut BUMN, termasuk PLN telah berkontribusi untuk mendukung program pemerintah, baik dalam menekan emisi karbon maupun meminimalisir angka kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Di musim mudik memang perlu didorong penggunaan transportasi massal demi menekan angka kecelakaan dan kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, menyampaikan diproyeksikan ada peningkatan jumlah pemudik pada tahun ini. Meski demikian, lonjakan kenaikan pemudik di Sulsel tidak sebesar di Pulau Jawa. Pihaknya memprediksi puncak arus mudik di Sulsel terjadi pada Rabu atau Kamis pekan ini.

Arafah pada kesempatan itu program mudik gratis PLN UID Sulselrabar. Menurutnya, program mudik gratis efektif untuk mengurangi jumlah kendaraan yang lalu lintas selama musim mudik. Dengan begitu, angka kecelakaan dan kemacetan dapat diminimalisir.

"Ke depan perlu disosialisasikan dan kuotanya agar ditambah. Pemprov (Sulsel) juga buka program mudik gratis dan animonya tinggi," katanya.



Salah seorang peserta mudik gratis PLN UID Sulselrabar, Lisdawati, memberikan apresiasi sekaligus berterima kasih atas keberadaan program mudik gratis ini. Bersama suami dan anaknya, Lisdawati mengikuti mudik gratis rute Makassar-Palopo. Meski tujuan sebenarnya adalah Sabbang, Luwu Utara, tapi program mudik gratis ini sangat membantu ekonomi keluarganya.

"Alhamdulillah, ini sangat membantu, bisa menghemat apalagi menjelang Lebaran. Ongkos transportasi kalau pulang kampung sekitar Rp160 ribu per seat, dan kalau musim mudik naik sampai Rp250 ribu. Kalau saya bertiga kan lumayan hematnya," kata dia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru