Kolaborasi MUFG, Danamon, dan Adira Pacu Industri Otomotif lewat IIMS 2023

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 11 Mar 2023 20:52
Kolaborasi MUFG, Danamon, dan Adira Pacu Industri Otomotif lewat IIMS 2023
Jajaran petinggi MUFG Bank, Bank Danamon, dan Adira Finance memberikan keterangan pers kepada awak media terkait Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, beberapa waktu lalu. Foto-foto/Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Industri otomotif merupakan salah satu sektor manufaktur strategis yang berperan penting menopang perekonomian nasional. Industri otomotif memiliki multiplier effect yang cukup besar, mulai dari peningkatan nilai tambah hingga penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak.

MUFG Bank Ltd, Jakarta Branch (MUFG Bank) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) berkomitmen turut berkontribusi mendukung sektor strategis tersebut. Salah satunya lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.



Pada pameran otomotif bergengsi itu, MUFG dan Danamon hadir sebagai Official Bank Partner. Sedangkan, Adira Finance tampil sebagai Official Multifinance Partner. Dengan beragam program dan inovasi, ketiga entitas bisnis itu menawarkan beragam kemudahan bagi nasabah untuk pembiayaan kendaraan, yang muaranya mendukung kemajuan industri otomotif.

Tadanobu Hirano selaku Managing Director, Deputy Head of Japanese Corporate Banking, MUFG Bank, Ltd., Jakarta Branch menyampaikan pihaknya mendukung penguatan sektor otomotif di Indonesia. Olehnya itu, bersama mitra strategis lokal, Danamon dan Adira Finance, MUFG Bank tampil sebagai official partner IIMS 2023.

"Ini merupakan bukti kuat dukungan kami terhadap sektor otomotif dengan menggabungkan kemampuan kolaborasi global dan domestik secara komprehensif dalam berkontribusi membentuk masa depan yang lebih cerah bagi ekosistem otomotif di Indonesia, melayani secara luas di industri otomotif, menciptakan rantai keuangan yang kuat serta menjadi mitra keuangan terpercaya," kata dia, dalam keterangan persnya.

Langkah MUFG menyokong pelaksanaan IIMs 2023 sejalan prinsip global yang dijalankan. Bank terbesar di Jepang itu memang menjadikan sektor otomotif sebagai atensi, sebab industri otomotif adalah salah satu sektor dengan klien terbesar untuk MUFG secara global.

Ya, makanya tidak heran jika di Indonesia, MUFG Bank begitu antusias dalam berkontribusi pada pengembangan industri otomotif, bersama dengan Danamon dan Adira Finance.

Hafid Hadeli, Wakil Direktur Utama, PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyampaikan kolaborasi pihaknya bersama MUFG Bank dan Adira Finance merupakan wujud dukungan untuk memacu pertumbuhan industri otomotif. Keberadaan tiga entitas bisnis yang masih bernaung dalam satu grup itu diharapkan nemudahkan nasabah atau calon pelanggan dengan hadirnya one stop solutions dalam pembiayaan otomotif.

Hafid menyebut pihaknya bersama MUFG Bank dan Adira Finance tidak ragu ambil bagian pada IIMS karena pameran otomotif ini memang sangat bergengsi. Event ini ditegaskannya menjadi upaya Danamon bersama MUFG Bank dan Adira Finance dalam memacu pertumbuhan dan perkembangan sektor otomotif Indonesia pada masa mendatang.

"Sebagai sebuah grup, Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG memiliki aspirasi untuk senantiasa aktif terlibat dalam perkembangan industri otomotif nasional, yang merupakan salah satu sektor dengan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Indonesia," tegasnya.

Dewa Made Susila, Direktur Utama Adira Finance, menambahkan pihaknya bersama mitra hadir pada IIMS untuk menguatkan industri otomotif. Pihaknya menyediakan solusi pembiayaan bagi masyarakat yang ingin membeli mobil, motor, dan kendaraan listrik melalui beragam penawaran menarik. Mulai dari bunga rendah, DP ringan, hingga program undian Adira Goes to MotoGP.

"Hal ini merupakan wujud konkret komitmen Adira Finance bersama Danamon dan didukung MUFG untuk menguatkan ekosistem otomotif Indonesia," kata Dewa.

Adira Finance sebagai anak perusahaan Danamon dan bagian dari grup MUFG, mendukung IMS 2023 dengan memberikan solusi pembiayaan otomotif, baik mobil maupun motor, secara komprehensif sesuai kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Tidak cuma IIMS 2023, Adira Finance turut ambil bagian dalam mendukung program pemerintah yang berkaitan otomotif dan transportasi.

Salah satunya, Adira Finance ikut mendukung program pemerintah terkait sosialisasi transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat melalui program pembiayaan kendaraan listrik. Di samping turut menyelenggarakan aktivitas bersama Sahabat komunitas dan pelanggan, serta memfasilitasi kebutuhan pembiayaan bagi komunitas-komunitas otomotif, mobil dan motor, seperti pembiayaan untuk accessories dan aftermarket, serta dana multiguna melalui campaign #diModalin.

Manjakan Konsumen
Kolaborasi MUFG, Danamon, dan Adira Pacu Industri Otomotif lewat IIMS 2023

MUFG Bank bersama Danamon dan Adira Finance menawarkan beragam program dan promo menarik selama penyelenggaraan IIMS 2023. Muaranya, memberikan kemudahan bagi nasabah atau calon pelanggan untuk mewujudkan impian memiliki atau mengupgrade kendaraan bermotor.

Hafid dari pihak Danamon menyebut ada berbagai program dan promo menarik yang ditawarkan untuk memanjakan konsumen selama pelaksanaan IIMS 2023. Danamon bersama mitra strategis ingin menjadi menjadi one-stop financial solution bagi nasabah.

Adapun program dan promo menarik yang diberikan, mulai dari bunga spesial untuk pembelian otomotif, promo pembelian tiket masuk Buy 1 Get 1, dan benefit lainnya ketika melakukan transaksi dengan produk-produk Danamon pada IIMS 2023.

Sama halnya dengan Danamon, Adira Finance tidak mau kalah memberikan penawaran terbaiknya. Mulai dari bunga rendah, DP ringan, hingga program undian Adira Goes to MotoGP.

Harry Latif, Direktur Portfolio Adira Finance, menyampaikan bersama MUFG Bank dan Danamon, pihaknya menghadirkan berbagai program dan keuntungan bagi konsumen dan calon konsumen. Bagi pengunjung yang ingin membeli mobil, pihaknya menawarkan bunga super ringan 1,68 persen p.a, bunga 0 persen untuk merek tertentu dengan tenor 3 tahun, serta uang muka 5 persen (mobil kendaraan listrik) dan biaya provisi 0 persen.

Bagi pengunjung yang ingin membeli motor, Harry menyebut dapat memanfaatkan penawaran diskon cicilan hingga 5x dan tukar tambah dengan cashback hingga Rp700 ribu Adirapay. Tidak ketinggalan untuk kendaraan listrik, dapatkan promo tukar tambah dengan cashback hingga Rp700 ribu Adirapay maupun subsidi CSR Green Financing hingga Rp7,5 juta. Promo ini hanya ini berlangsung dari tanggal 16-26 Februari 2023 hanya di booth Adira Finance di IIMS 2023.

Adira Finance juga memberikan kupon undian Adira Goes to MotoGP Mandalika 2023 untuk konsumen yang mengajukan pembiayaan otomotif (mobil, motor) dan non-otomotif (sepeda dan sepeda listrik) secara langsung di IIMS 2023.

Industri Otomotif Pahlawan Devisa
Kolaborasi MUFG, Danamon, dan Adira Pacu Industri Otomotif lewat IIMS 2023

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, sebelumnya menyampaikan para pelaku industri otomotif, khususnya yang telah berkontribusi terhadap ekspor sebagai pahlawan devisa.

Kementerian Perindustrian bersama para pelaku industri terus berupaya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan perluasan pasar ekspor kendaraan dengan menggunakan berbagai perjanjian perdagangan yang ada. Hal ini untuk mewujudkan visi menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi regional untuk semua jenis kendaraan.

Rentang 2021-2022, beragam torehan positif telah dicatatkan oleh industri otomotif nasional. Di antaranya, pertumbuhan yang luar biasa hingga 7,35 persen pada kuartal kedua 2022, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan industri yang mencapai 4,33 persen. Saat ini terdapat 21 industri perakitan kendaraan roda 4 atau lebih, dengan total investasi Rp140 triliun.



Dari investasi tersebut, 83,3 persen berasal dari Jepang, 7,5 persen dari Korea Selatan, dan 8,1 perseb dari Republik Rakyat Tiongkok. Sisanya berasal dari Uni Eropa dan penanaman modal dalam negeri.

Dari sisi komersial, ekspor otomotif Indonesia telah mencapai lebih dari 80 negara. Termasuk, baru-baru ini, membuka pasar ke Australia yang terkenal memiliki spesifikasi yang ketat. Meski demikian, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh industri otomotif. Mulai dari kekurangan bahan baku, masalah semi-konduktor, logistik dan transportasi, hingga biaya energi yang tinggi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru