Telkomsel dan Viu Gelar Nobar Serial Dia Angkasa, Karya Mahasiswa Unhas

Tim Sindomakassar
Kamis, 26 Sep 2024 21:17
Telkomsel dan Viu Gelar Nobar Serial Dia Angkasa, Karya Mahasiswa Unhas
Telkomsel, Viu, dan FISIP Unhas kolaborasi menggelar nonton bareng (nobar) dan talkshow serial “Dia Angkasa” di Aula Prof. Syukur Abdullah FISIP Unhas. Foto/Dok Telkomsel
Comment
Share
MAKASSAR - Telkomsel melanjutkan kerjasama strategis dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan menggelar nonton bareng (nobar) dan talkshow serial “Dia Angkasa” di Aula Prof. Syukur Abdullah FISIP Unhas.

Serial drama remaja ini diadaptasi dari novel Wattpad populer karya Nurwina Sari, yang telah dibaca 20,7 juta kali dan terjual puluhan ribu eksemplar sejak 2021. “Dia Angkasa” tayang eksklusif dan gratis di MAXStream sejak Juli 2024, dan telah ditonton 12,6 juta kali.

Sedangkan di platform VIU, serial ini ditonton oleh 5,17 juta orang di 16 negara. Nurwina Sari, penulis asal Makassar dan mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas angkatan 2019, berhasil membawa karyanya ke kancah internasional.

General Manager Mobile Segment GTM Telkomsel Area Pamasuka, Godo Intan, menyampaikan Telkomsel ingin terus membina kerjasama yang berkelanjutan dengan FISIP Unhas melalui komunitas film kampus, dengan menggandeng VIU sebagai platform video-tainment.

Ia bilang merupakan kebanggaan menghadirkan ‘Dia Angkasa’ di kampus asal penulisnya, sebagai hasil kolaborasi Telkomsel melalui MAXStream Studios dan Unlimited Production.

Hal ini menjadi salah satu bukti nyata dari komitmen Telkomsel untuk terus memproduksi berbagai konten yang tidak hanya menghibur pelanggan dan masyarakat, tetapi juga mendorong kemajuan industri kreatif digital secara inklusif dan berkelanjutan. Dengan menggandeng sineas dan talenta kreatif digital lokal.

"Kami berharap serial ini dapat diterima dengan baik oleh para penonton dan pecinta genre drama remaja, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri hiburan di Indonesia," kata dia, dalam keterangan resmi yang diterima SINDO Makassar, Kamis (26/9/2024).

"Dia Angkasa" disutradarai oleh Adhe Dharmastriya dan diproduksi pada Mei 2024 lalu. Serial drama remaja ini mengisahkan tentang Angkasa, seorang siswa berandalan nomor satu di SMA Andromeda yang terkenal sebagai ketua perkumpulan besar SATROVA. Kehidupannya yang penuh dengan kenakalan dan kekerasan berubah ketika ia bertemu dengan Aurelani Aurora, perempuan yang mampu meredakan ego dan keras kepalanya.

Serial ini dibintangi oleh aktor dan aktris muda berbakat seperti Yesaya Abraham sebagai Angkasa, Shenina Cinnamon sebagai Aurora, dan Jeff Smith sebagai Sekala. Pemeran lainnya termasuk Freya (JKT48) sebagai Vana, Alif Rivelino sebagai Bobby, Andy W. sebagai Razi, Venly Arauna sebagai Alaska, Alzi Markers sebagai Bara, Davin Muflih sebagai Rama, serta Adzana Ashel, Jessica Shaina, Indra Wibowo, dan Joseph Kara.

Pada talkshow, Nurwina Sari mengatakan "Dia Angkasa" adalah novel pertama yang ditulisnya pada 2021. Butuh waktu setahun baginya untuk merampungkan karya tersebut. "Tidak menyangka bisa sebesar ini dan diadaptasi menjadi serial di platform digital. Terima kasih kepada Telkomsel, MAXStream, dan Viu," katanya

Dosen Komunikasi Unhas, Irwanto, menyampaikan kebanggaannya, karena salah satu mahasiwa Unhas menjadi penulis novel dan memiliki fansbase digital melalui MAXStream dan Viu.

"Semoga makin banyak penulis lokal yang ceritanya bisa diangkat ke layar lebar melalui platform digital. Di sisi lain, literasi membaca baik secara fisik, audio visual semakin meningkat dikalangan masyarakat khususnya mahasiswa," kata Irwanto.

Telkomsel, melalui MAXStream Studios, terus memperluas bisnisnya dengan memproduksi konten berkualitas, yang dapat diakses melalui MAXStream, MyTelkomsel, IndiHomeTV, bioskop, hingga platform OTT seperti Netflix, Viu, dan Vidio.

“Sejalan dengan visi dan misi perusahaan, Telkomsel ingin mendorong pertumbuhan industri film nasional dan memberikan ruang bagi sineas muda berbakat,” ungkap Godo.

Sebagai bagian dari kolaborasi, Telkomsel dan Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Unhas menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk meningkatkan ekosistem digital, mencakup aspek konektivitas, pendidikan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset, dan Inovasi FISIP Unhas, Prof Suparman, menyambut baik PKS ini dan berharap kegiatan Telkomsel dapat diselaraskan dan menebar bermanfaat bagi mahasiswa.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru