Tips Tetap Aman saat Berkendara pada Musim Hujan

Tri Yari Kurniawan
Senin, 13 Feb 2023 12:35
Tips Tetap Aman saat Berkendara pada Musim Hujan
Pengendara motor diimbau untuk lebih waspada dan cari aman dalam berkendara. saat cuaca ekstrem. Foto/Dok Asmo Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Cuaca ekstrem melanda Kota Makassar dan sekitarnya, yang mengakibatkan banjir dan genangan di sejumlah titik. Kondisi itu tentunya menghambat mobilitas dan berpotensi membahayakan jika tidak berhati-hati saat berkendara.

Astra Motor Sulsel selaku main dealer area Sulselbartrabon mengimbau penggunaa jalan untuk lebih waspada dan cari aman dalam berkendara. Selain jalanan yang licin, banyaknya genangan air di ruas jalan yang diwaspadai ketika berkendara.



Abdul Kadir selaku Safety Riding Instructor Astra Motor Sulselbartrabon membagikan tips agar tetap aman berkendara pada musim hujan. Menurutnya, beretika dalam berkendara dapat menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan, apalagi ketika melewati genangan air.

Melewati genangan air dengan kecepatan tinggi dapat menimbulkan dampak seperti membuat kaget, mengganggu fokus berkendara, basah dan kotor. Selain itu, juga dapat menimbulkan potensi bahaya dan kerugian biaya servis.

"Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi ketika melewati genangan. Hal itu membuat kita terhindar dari kondisi dimana kendaraan kehilangan daya cengkeram yang membuat kendaraan kehilangan kendali (Aquaplaning). Selain itu, dapat menghindari masuknya air kedalam sistem pembakaran kendaraan (Water Hammer). Hal itu juga dapat meningkatkan kewaspadaan kita terhadap lubang yang tak terlihat akibat tertutup genangan air," jelasnya, Senin (13/2/2023).

Manager Technical Service Department Astra Motor Sulselbartrabon, Nindyatama, menambahkan beberapa hal yang harus diperiksa pasca motor melewati genangan/banjir.

Pertama, periksalah kondisi oli mesin untuk memastikan apakah oli motor bercampur dengan air atau tidak. Cara mudah untuk memastikan hal tersebut adalah dengan melihat perubahan warna pada oli. Karena oli yang telah tercampur dengan air cenderung berwarna coklat susu.

Kedua, segera periksa filter/saringan udara. Karena saat melewati genangan, kemungkinan air juga bisa masuk ke area box filter. Air yang terjebak di filter udara akan membuat filter mampet/tersumbat.



Ketiga, periksa kondisi busi dan kepala busi. Jika motor mudah mati/mogok saat melewati genangan air, disarankan untuk memeriksa atau mengganti kepala busi. Musababnya, jika usia kepala busi sudah lama, karetnya sudah mulai mengeras dan membuat air mudah masuk ke busi.

Keempat, pastikan untuk memeriksa Area CVT (khusus motor MATIC), rajin memberi pelumas pada rantai motor, serta periksa kondisi bearing roda/lahar roda. Jika saat melewati genangan air dan motor mudah mati, segera bawa kendaraan kamu ke bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Honda terdekat pada jam kerja/buka agar kondisi motor tetap prima.
(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru