Hati-hati Jangan Hangatkan Kembali Sayuran ini Bisa Jadi Beracun

Agus Nyomba
Minggu, 15 Jan 2023 07:11
Hati-hati Jangan Hangatkan Kembali Sayuran ini Bisa Jadi Beracun
Jenis sayuran ini bisa menjadi beracun jika dihangatkan kembali. Foto: Ilustrasi
Comment
Share
MAKASSAR - Sebagian orang kerap menghangatkan kembali masakannya agar tidak mubazir. Termasuk sayuran yang dibuat sebelumnya.

Namun tahukah anda, beberapa jenis sayuran bisa menjadi beracun ketika dihangatkan kembali, dan membahayakan kesehatan tubuh.
Berikut beberapa sayuran tersebut.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang tidak bisa dihangatkan lagi setelah matang seperti bayam, kangkung, brokoli dan sawi. Menurut ahli makanan, sayur-sayuran ini akan melepaskan nitrat yang menyebabkan sayuran menjadi beracun. Bahkan melepaskan senyawa karsinogenik yang memicu kanker.

2. Kentang

Kentang bisa jadi pengganti nasi saat diet, tetapi sebaiknya tidak memanaskannya kembali kentang yang sudah matang, karena memicu tumbuhnya bakteri botulis yang menyebabkan sakit perut. Menurut Food Safety, setelah kentang matang, konsumsi selagi hangat dan jangan dibiarkan dingin dalam waktu lama. Hal ini juga berlaku untuk umbi lain seperti beet, ubi dan singkong.

3. Jamur

Jamu memang enak jika dimakan saat masih kenyal dan hangat, entah itu dimasak atau digoreng. Tetapi sebaiknya kamu tidak memanaskannya kembali masakan berbahan jamur karena meski tinggi vitamin B dan protein, kesemua kandungan itu akan menjadi racun jika dimasak lagi.

(RPL)
Berita Terbaru