Indosat HiFi Bagikan 4 Tips Agar WiFi Tidak Dibobol Peretas

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 05 Apr 2024 12:12
Indosat HiFi Bagikan 4 Tips Agar WiFi Tidak Dibobol Peretas
Bukan hanya telepon seluler, WiFi pun rentan untuk dibobol peretas. Foto/Ilustrasi/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Kecanggihan teknologi beriringan dengan kejahatan siber yang mengintai. Salah satunya terkait peretasan. Bukan cuma perangkat telepon seluler yang dapat diretas, WiFi pun rentan dibobol oleh hackers.

Nah, WiFi yang diretas atau dibobol tak sesepele kelihatannya. Anda salah jika mengira hanya akan mengalami internet lambat karena bandwidth digunakan banyak orang.

Password WiFi yang diretas memungkinkan mereka memata-matai aktivitas internet Anda. Bahkan mungkin mencuri data pribadi seperti kata sandi akun Anda.

Indosat HiFi memiliki empat jurus untuk mencegah hackers membobol WiFi:

1. Aktifkan Mode Enkripsi

Enkripsi akan mengacak data Anda, sehingga pihak eksternal tidak dapat melihatnya meskipun mereka memilikinya. Anda bisa mengaktifkan mode enkripsi di bagian pengaturan.

2. Ubah Kata Sandi Secara Rutin

Menggunakan kata sandi yang kuat memang sangat disarankan. Namun, tidak menjamin akan terhindar dari peretas. Untuk itu, Anda perlu mengubah kata sandi secara berkala.

3. Nonaktifkan Administrasi Jarak Jauh
Kemajuan teknologi digital sekarang memungkinkan untuk akses jarak jauh, sehingga memungkinkan Anda terhubung ke WiFi Anda berapapun jaraknya.

Administrasi jarak jauh adalah suatu celah yang dapat dimanfaatkan hacker untuk terhubung ke WiFi Anda. Nah, baiknya administrasi jarak jauh ini di nonaktifkan saja, kecuali diperlukan.

4. Matikan WiFi saat Tidak Digunakan

Mematikan router membantu mencegah Anda dari ancaman hacker. Karena hacker hanya terhubung ke WiFi yang menyala.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru