Lima Tips Merawat Mobil ala Kalla Toyota di Musim Hujan

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 13 Apr 2024 17:23
Lima Tips Merawat Mobil ala Kalla Toyota di Musim Hujan
Kalla Toyota membagikan lima tips merawat mobil pada musim hujan. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Merawat mobil itu susah-susah gampang. Banyak variabel yang harus diperhatikan. Nah, cuaca merupakan salah satu variabel yang sangat berpengaruh.

Misalnya saat musim hujan tiba, pemilik kendaraan harus lebih telaten merawat mobilnya agar terhindar dari masalah saat bepergian.

Hujan jangan dianggap sepele. Penting diketahui, air hujan itu mengandung asam dan tentunya tidak bagus untuk kendaraan. Musababnya, sudah mencampur dengan limbah dan partikel kotoran yang berada di jalanan.

Tidak heran, bila mobil yang sering kehujanan dan dibiarkan begitu saja kerap bermasalah. Untuk itu, Kalla Toyota dikutip dari akun Instagram resminya, telah membagikan lima tips merawat mobil saat musim hujan.

1. Segera Keringkan Mobil
Setelah mobil kehujanan di jalan, ada baiknya untuk segera dikeringkan di rumah dan jangan menunggu sampai kering sendiri. Air hujan yang dibiarkan mengering justru bisa membuat lapisan cat pada bodi mobil menjadi cepat rusak.

2. Bersihkan Kaca Depan Mobil
Untuk mempertahankan kaca depan supaya tetap jernih dan bersih, pemilik kendaraan perlu melakukan beberapa langkah cerdas. Mulai dari menyalakan AC mobil pada suhu tidak terlalu dingin saat hujan dan membersihkan kaca depan sesudah bepergian.

3. Rutin Cek Komponen Mesin
Setiap mobil pasti memiliki celah-celah yang bisa menjadi jalan masuk air dalam bagian mesin. Apabila mobil kehujanan, pastikan untuk selalu mengecek komponen mesin dan memastikan tidak ada gangguan.

4. Jaga Kebersihan Karpet Mobil
Air yang dibiarkan menggenang di karpet mobil pastinya mudah sekali memicu bau tidak sedap dan memunculkan jamur. Supaya hal tersebut bisa diminimalisir, cuci karpet mobil setidaknya sekali dalam sepekan.

5. Bersihkan Kaki-kaki Mobil
Setelah mobil menerjang medan berupa genangan air hujan atau lumpur, umumnya muncul bunyi-bunyi mesin. Ini merupakan pertanda ada bagian mesin bermasalah. Bersihkan kaki-kaki mobil dengan sampah dan air bertekanan tinggi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru