Unhas Kirim Tim Dokter Bantu Korban Gempa di Turki

Ansar Jumasang
Jum'at, 10 Feb 2023 20:21
Unhas Kirim Tim Dokter Bantu Korban Gempa di Turki
Kampus Universitas Hasanuddin. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Tim dokter dari Universitas Hasanuddin (Unhas) memperkuat tim Kementerian Kesehatan untuk membantu korban gempa Turki.

Tim Dokter dari Unhas tersebut adalah dr M Harduian Bauski SpOT(K), dr Muh Phetrus Johan SpOT(K), dr M Sakti SpOT(K) PhD, dan dr Jauna Arifin SpOT(K) PhD.

Kepala Biro Komunikasi Unhas, Ahmad Bahar mengatakan, tim dokter Unhas bersama tim Kementerian Kesehatan sudah berangkat ke Jakarta. Mereka bergabung dengan tim Kemenkes menuju Turki dengan pesawat Hercules.

"Tim dokter dari Universitas Hasanuddin yang merupakan dokter ahli di bidang masing-masing sebanyak 5 orang, hari ini berangkat bersama tim Kementerian Kesehatan untuk membantu pemerintah Turki," katanya, Kamis (9/2/2023).

Dirinya juga bilang, tim dokter Unhas bukan kali pertama menjalankan tugas kemanusiaan ke luar negeri, tetapi sudah memiliki jam terbang yang tinggi membantu korban bencana di berbagai belahan dunia.

"Kita doakan semoga tim dokter Unhas dan tim Kemenkes dapat dilancarkan dalam menjalankan amanah dari negara untuk tugas kemanusiaan," ucapnya.

Perihal jangka waktu bertugas di lokasi gempa, ia mengatakan, belum mendapat informasi berapa lama mereka akan bertugas di sana. Namun, ia mengatakan jangka waktu bertugas di lokasi bencana akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Adapun tim penyelamat di Turki dan Suriah berjuang melawan hawa dingin pada Selasa kemarin berpacu dengan waktu untuk menemukan korban selamat di bawah reruntuhan bangunan.

Gempa Turki-Suriah menewaskan lebih dari 7.800 orang. Korban terbaru menunjukkan 5.894 orang tewas di Turki dan setidaknya 1.932 di Suriah, dengan total gabungan 7.826 kematian.
(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru