UIN Alauddin-Kemenag Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah

Luqman Zainuddin
Jum'at, 10 Feb 2023 20:28
UIN Alauddin-Kemenag Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah
UIN Alauddin Makassar-Kemenag menggelar sertifikasi pembimbing manasik haji dan umroh. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - UIN Alauddin Makassar bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulsel menggelar sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah.

Sertifikasi pembimbing ini berlangsung selama delapan hari, mulai Sabtu 4 Februari hingga Sabtu 11 Februari di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Sulsel.

Ketua Panitia Sertifikasi, Irwan Misbach mengatakan, ada sebanyak 93 orang peserta yang ikut dalam kegiatan ini.

“Peserta 92 orang terbagi, utusan yang dari Kanwil Kemenag 39, utusan UIN Alauddin dan perguruan tinggi lain sebanyak 8 orang, utusan biro perjalanan haji dan umrah sebanyak 34 orang, utusan pesantren berjumlah 9 orang, serta 2 orang utusan dari organisasi massa,” ujar Irwan.

Irwan yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin ini pun mengucapkan terima kasih ke semua pihak yang telah mendukung sehingga kegiatan ini berjalan lancar.

“Kami juga memohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan pada penyelenggaraan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Firdaus Muhammad selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi bersyukur dengan digelarnya kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini sempat terhenti selama 3 tahun karena pandemi Covid-19.

“Sehingga alhamdulillah tahun ini kita bisa melakukannya secara mandiri. Karena kegiatan ini adalah kebutuhan, sudah menjadi persyaratan untuk menjadi pemimpin haji itu harus memiliki sertifikat,” tuturnya.

“Karena itu, harapan kami seperti yang di agendakan Kementerian Agama pada kegiatan ini yang pertama kedisiplinan, penampilan, dan peserta lebih tertib serta mengikuti semua kegiatan,” lanjutnya.

Mewakili Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Kepala Bidang PHO, Ikbal Ismail, mengaku mendukung kegiatan ini. Dia bilang, jika nantinya ada kegiatan manasik atau praktik manasik, Kemenag sudah sediakan fasilitas untuk kegiatan tersebut.

“Kami sudah membangun fasilitas manasik yang mumpuni. Nantinya bapak atau ibu yang bisa menikmati fasilitas tersebut setelah diresmikan kelak. Semoga, melalui kegiatan ini, bapak dan ibu bisa menjadi pemimpin haji yang baik,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Rektor II UIN Alauddin mewakili Rektor UIN Alauddin, Kepala Bidang PHO mewakili Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Kepala Biro UIN Alauddin Makassar, dan mantan Kabid Haji Kemenag, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fasilitator, Ketua Panitia, dan peserta.
(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru