Lantik Kepengurusan DPW IV, Presiden INAMPA Minta Dongkrak Kinerja & Wujudkan Zero Accident

Tri Yari Kurniawan
Senin, 12 Agu 2024 14:52
Lantik Kepengurusan DPW IV, Presiden INAMPA Minta Dongkrak Kinerja & Wujudkan Zero Accident
President Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja, melantik kepengurusan DPW IV INAMPA untuk masa bakti 2024-2028. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - President Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja, melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IV INAMPA untuk masa bakti 2024-2028. Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Pelindo Regional 4 Lantai 7, Kota Makassar, Senin (12/8/2024).

Kepengurusan DPW IV INAMPA dipimpin oleh Capt. Syamsul Maarif. Total ada 20 pengurus, dimana terdiri dari enam seksi yakni diklat, informasi dan teknologi, kerohanian, humas, ekonomi, dan hukum.

Dalam sambutannya, Herman meminta agar Syamsul dkk menjalankan organisasi INAMPA DPW IV sesuai dengan visi, misi dan values serta program kerja INAMPA. Ia pun meminta kepengurusan baru untuk meningkatkan kinerja dan mampu mewujudkan zero accident.

"Saya mintakan untuk terus meningkatkan kinerja pemanduan dan penundaan kapal serta turunan kegiatannya untuk mewujudkan Maritime Safety Zero Accident, di tempat dimana saudara dan saudari anggota bertugas, yaitu secara khusus di Pelindo Sub-Holding Jasa Maritim (SPJM)," kata dia.

Herman juga meminta untuk terus meningkatkan profesionalisme, kolaborasi dan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di sektor kemaritiman. Di antaranya yakni instansi pemerintah KSOP, CIQ, dan Port Community lainnya.

Pada kesempatan itu, Herman juga menegaskan INAMPA senantiasa berkomitmen untuk peduli terhadap anggotanya. INAMPA beserta seluruh anggotanya pun terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan menuju Indonesia Emas 2045 di sektor kemaritiman.

Ada beberapa target capaian yang telah ditetapkan yakni Green Port, Digital Port, Industrial and Integrated Port, dan Safety & Secure Port dan Zero Accident. "Kita semua berupaya menjadikan sektor kemaritiman Indonesia yang adaptif, produktif, inovatif, kompetitif dan Business Sustainability," ungkapnya.

Lebih jauh, Herman menyampaikan salah satu tugas dan tantangan yang hendak dicapai ke depan ialah kesuksesan kongres International Maritime Pilots Association (IMPA) ke-27 di Bali pada 23-28 Agustus 2026. Penunjukkan INAMPA atau Indonesia sebagai tuan rumah harus dibayar dengan cerita sukses.

"Kegiatan itu akan dihadiri kurang lebih 2.500 peserta, pendamping, peninjau dan peserta pameran dari seluruh dunia. Program ini merupakan bentuk kolaborasi INAMPA untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," paparnya.

Lantik Kepengurusan DPW IV, Presiden INAMPA Minta Dongkrak Kinerja & Wujudkan Zero Accident

Ketua DPW IV INAMPA, Capt. Syamsul Maarif, menyampaikan luas wilayah kerja dari DPW IV kurang lebih mencapai 49 persen atau melingkupi Indonesia Timur. Tentunya untuk menjalankan amanah dan program kerja, diakuinya butuh sinergi dan kolaborasi.

Adapun kepengurusan yang dipimpinnya terdiri atas enam seksi, mulai diklat hingga ekonomi. Seluruh seksi yang ada akan dimaksimalkan dalam menjalankan setiap program. "Ya, agar program bisa lebih solid, maka tidak hentinya kami akan berkolaborasi dengan stakeholder," katanya.

Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick, menyampaikan kolaborasi perusahaan dengan INAMPA terus terjalin. Terlebih, hampir 70 persen bisnis SPJM di bidang marine berfokus pada layanan pemanduan dan penundaan.

Kolaborasi SPJM dan INAMPA tidak berhenti sampai di situ, dimana ada banyak pelaksanaan FGD yang dilakukan. Pihaknya juga banyak berkonsultasi dengan pimpinan INAMPA soal potensi bisnis baru.

"Selamat dengan pelantikan kepengurusan DPW IV (INAMPA). Semoga dunia maritim akan semakin maju dengan adanya INAMPA," ungkapnya.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam, yang turut hadir dan memberikan sambutan, menyampaikan kolaborasi dan sinergi antara Pelindo dan INAMPA akan terus terjalin, khususnya untuk DPW IV. Tujuannya demi kepentingan publik.

"Semoga bisa terus saling bahu membahu agar muaranya efisiensi logistik dapat tercapai," tuturnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru