JAPFA Ajak Jurnalis Edukasi Pentingnya Protein Hewani lewat AKJJ 2024

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 22 Agu 2024 15:45
JAPFA Ajak Jurnalis Edukasi Pentingnya Protein Hewani lewat AKJJ 2024
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) menggelar media gathering dan sosialisasi Apresiasi Karya Jurnalistik JAPFA (AKJJ) 2024 di Gammara Hotel Makassar, Kamis (22/8/2024). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) menggelar media gathering dan sosialisasi Apresiasi Karya Jurnalistik JAPFA (AKJJ) 2024 di Gammara Hotel Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/8/2024). Dalam acara ini, JAPFA menggandeng ahli gizi kesehatan masyarakat dan pakar fotografi untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya protein hewani lewat karya tulisan dan foto.

Direktur Corporate Affairs, Rachmat Indrajaya, dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekan jurnalis yang telah mendukung kegiatan-kegiatan JAPFA selama ini melalui pemberitaan maupun publikasi media.

Ia menjelaskan tahun ini, JAPFA kembali melaksanakan AKJJ sebagai wujud apresiasi kami kepada rekan-rekan media. AKJJ merupakan ajang bagi jurnalis yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. “Melihat animo yang luar biasa dari rekan-rekan jurnalis pada tahun 2022 lalu, kami ingin mengajak lebih banyak jurnalis dapat berpartisipasi tahun ini,” kata dia.

Mengusung tema ‘Tingkatkan Gizi Masyarakat Indonesia Melalui Hilirisasi Produk Peternakan’, Rachmat juga mengharapkan semakin banyak publikasi yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya protein hewani dalam kontribusinya bagi peningkatan gizi masyarakat Indonesia.

Hal tersebut didukung oleh Prof Sandra Fikawati yang merupakan ahli gizi kesehatan masyarakat, dosen dan guru besar FKM Universitas Indonesia (UI). Ia menjabarkan peran penting protein tidak dapat dilewatkan, sebab manusia membutuhkan 20 jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

"Sembilan dari 20 jenis asam amino esensial harus didapatkan dari makanan. Protein hewani memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap dibanding protein nabati. Selain itu, pangan hewani memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam," ujar Prof Fika.

Menurutnya, sudah saatnya untuk memikirkan kembali pentingnya kebutuhan protein dan mengembalikan masalah kekurangan protein dalam agenda kesehatan. Terlebih, banyak ditemui kasus dari hasil studi yang menunjukkan anak-anak menderita kekurangan protein bahkan mengalami stunting atau tengkes.

Visual Storyteller, Beawiharta, yang pernah bergelut selama 20 tahun menjadi pewarta foto turut memberikan pandangannya terkait pentingnya pemenuhan gizi masyarakat dan protein hewani. Melalui kekuatan visual, dirinya bilang media juga dapat berperan dalam mempromosikan pentingnya protein hewani dalam asupan makan sehari-hari.

“Visual yang baik tentunya mampu menangkap masalah dan menuangkannya lewat karya foto. Oleh karenanya, saya turut mengajak rekan-rekan jurnalis menggaungkan urgensi pemenuhan gizi masyarakat tersebut,” kata dia.

Berdasarkan tema AKJJ tahun ini, jurnalis dapat memilih 3 topik turunan, yang terdiri dari: (i) Inovasi produk bernilai tambah untuk penuhi kebutuhan gizi harian masyarakat; (ii) Salah kaprah produk beku dan olahan pangan berbasis protein hewani; serta (iii) JAPFA dukung peningkatan gizi masyarakat dengan produk protein hewani yang aman dan terjangkau.

Diharapkan pesan tersebut tidak hanya dituangkan dalam bentuk tulisan, melainkan juga visual untuk memudahkan masyarakat menangkap pesan terkait pentingnya asupan protein hewani.

Apresiasi Karya Jurnalistik JAPFA Tahun 2024 diperuntukkan bagi semua jurnalis dari seluruh Indonesia. Pengumpulan karya telah dibuka sejak awal Agustus lalu, dimana terdapat tiga bategor perlombaan yang dapat diikuti, yakni Karya Jurnalistik Cetak, Karya Jurnalistik Online dan Karya Jurnalistik Foto, dengan total hadiah lebih dari 100 juta rupiah.

Peserta dapat mengirimkan karya sesuai kategori pilihannya hingga 20 September 2024 mendatang. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di website resmi www.japfacomfeed.co.id dan akun media sosial JAPFA (@japfa.id)
(TRI)
Berita Terbaru