LDII Makassar Gelar Family Gathering & Aksi Bersih di Area Camping Kaki Gunung Bawakaraeng

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 01 Sep 2024 21:15
LDII Makassar Gelar Family Gathering & Aksi Bersih di Area Camping Kaki Gunung Bawakaraeng
DPD LDII Makassar berfoto bersama seusai melaksanakan acara family gathering dan baksos memungut sampah di Malino, Kabupaten Gowa. Foto/Istimewa
Comment
Share
MALINO - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Makassar melaksanakan acara family gathering di Malino, Kabupaten Gowa, pada Sabtu-Minggu (31 Augustus-1 September). Menariknya, kegiatan itu dirangkaikan bakti sosial (baksos) berupa aksi bersih-bersih bertajuk 'Kerja Bersama Bakti untuk Negeri'.

Para pengurus LDII Makassar dan keluarga melakukan kerja bakti untuk membersihkan area camping di kaki Gunung Bawakaraeng. Mereka menyisir seluruh sampah yang ada di lokasi perkemahan. Aksi positif ini dampaknya tentu bakal dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Ketua DPD LDII Makassar, Asdar Mattiro, menyampaikan family gathering yang diselenggarakan tidak sekadar diisi dengan acara fun, seperti perlombaan maupun games dan senam pagi. LDII sengaja merangkaikan dengan kegiatan baksos memungut sampah, karena memiliki komitmen menebar manfaat untuk sesama dan lingkungan.

"Aksi bersih-bersih di lokasi perkemahan kaki Gunung Bawakaraeng adalah wujud cinta kami kepada tanah air. Ya, di bulan Agustus (bulan kemerdekaan), kami mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif," kata Asdar.

Konsep Family Gathering dari LDII Makassar, ia menjelaskan memadukan acara fun dan aksi peduli lingkungan. Lewat kegiatan ini, banyak hal yang dapat dicapai. Selain menciptakan kebersamaan dan kekompakan antar-pengurus, juga telah berkontribusi dalam menjaga dan merawat lingkungan.

"Ya, kami memadukan family gathering dan kerja bakti. Kami mengumpulkan seluruh pengurus dan keluarga untuk membangun kebersamaan agar lebih semangat lagi dalam berkontribusi untuk bangsa melalui kegiatan-kegiatan organisasi," jelasnya.

Menurut Asdar, meski aksi bersih-bersih di area camping kaki Gunung Bawakaraeng itu skalanya tidak besar, tapi telah berperan serta dalam menjaga Bumi. Efeknya dirasakan oleh masyarakat sekitar, termasuk para pengunjung. Juga ikut membantu menjaga lingkungan sekitar tetap asri, apalagi Malino adalah destinasi wisata favorit.

Lebih jauh, Asdar mengharapkan agar para pengurus LDII Makassar semakin solid usai mengikuti acara family gathering dan baksos di Malino. Diinginkannya agar para pengurus kian semangat dalam menjalankan kegiatan-kegiatan organisasi dan memberikan kontribusi positif untuk masyarakat.

"LDII memiliki komitmen untuk menebar manfaat, maksudnya kehadiran kami di tengah masyarakat harus betul-betul dirasakan manfaatnya. Olehnya itu, dibutuhkan pengurus yang semangat dalam menjalankan kegiatan organisasi," kata Asdar, yang merupakan akademisi.

Ia pun menjelaskan LDII Makassar telah menyiapkan sejumlah agenda besar pada masa mendatang. Termasuk kegiatan pelatihan untuk pengurus DPD, PC dan PAC. Juga ada rencana kegiatan terkait pengembangan organisasi maupun acara-acara lain di wilayah kerjanya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru