Pelindo Mengajar 2024: Executive Director 4 Berbagi Ilmu, Membangun Masa Depan

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 04 Sep 2024 19:39
Pelindo Mengajar 2024: Executive Director 4 Berbagi Ilmu, Membangun Masa Depan
Pelindo kembali meluncurkan program "Pelindo Mengajar 2024" sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Foto/Dok Pelindo
Comment
Share
MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali meluncurkan program "Pelindo Mengajar 2024" sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini, yang juga merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, digelar serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pelindo pada 1 Oktober 2024.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis, turun langsung mengajar sekitar 150 siswa kelas XII SMA Negeri 16 Makassar. Abdul Azis memperkenalkan BUMN dan nilai-nilai inti perusahaan, yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif).

Ia menjelaskan Pelindo Mengajar 2024 adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. "Kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk membangun masa depan bangsa. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata untuk menciptakan generasi yang siap menghadapi perubahan global," kata dia.

Program ini bertujuan memperkuat hubungan antara dunia industri dan pendidikan, mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan. Abdul Azis juga berbagi ilmu tentang logistik, kepelabuhanan, dan topik relevan lainnya.

Kepala Sekolah SMAN 16 Makassar, Yusuf, menyampaikan kehormatan atas kunjungan Pelindo, dan berharap siswa bisa memperoleh pengetahuan tentang industri kepelabuhanan. Dia juga mengatakan bahwa SMAN 16 Makassar selalu berupaya mengikuti perkembangan zaman dalam menghadapi Indonesia Emas tahun 2045.

“Untuk itu dalam menghadapi tahun 2045 nanti, melalui Pelindo Mengajar ini bisa memberikan amunisi ilmu dan pengetahuan kepada siswa-siswi di SMAN 16 Makassar dengan memberikan pengetahuan tentang keberadaan Pelindo kepada para siswa, sehingga bisa menambah pengetahuan mereka terutama tentang industri kepelabuhanan dan Pelindo itu sendiri," kata dia.

Dia berharap Pelindo bisa memberikan pengetahuan dan informasi tentang Pelindo hari ini dan Pelindo ke depannya. “Kami juga berharap suatu saat nanti siswa-siswi SMAN 16 Makassar bisa berkunjung ke Pelindo untuk mengetahui lebih jelas dan lebih jauh lagi tentang Pelindo.”

Hasmirah, Guru SMAN 16 Makassar mengucapkan terima kasih kepada Pelindo, karena telah berkunjung di sekolahnya dan telah memperkenalkan program Pelindo Mengajar kepada siswa-siswi kami.

"Mudah-mudahan ke depannya kami bisa bekerja sama dengan Pelindo dalam bidang pendidikan, dan Pelindo selalu berkembang serta terus berjaya," ungkapnya.

Ketua OSIS SMAN 16 Makassar, Nadya Pratiwi, merasa bersyukur atas kesempatan mengikuti program ini dan mengapresiasi dampak positifnya. Muhammad Khayri, siswa kelas XII, juga mengungkapkan bahwa program ini memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.

Program ini juga melibatkan kegiatan interaktif seperti diskusi kelompok, simulasi, dan project-based learning, serta melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan orang tua.

Sebagai bagian dari program, Pelindo Regional 4 memberikan bantuan berupa 4 unit laptop kepada sekolah dan 2 unit ponsel kepada siswa berprestasi. Abdul Azis berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan baik.

Pelindo juga membagikan hadiah kepada siswa aktif dan mengadakan kuis Kahoot dengan sesi foto bersama sebagai penutup kegiatan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru